AS Cabut Visa Agen 'Senjata Ajaib' Partai Komunis China

Sabtu, 05 Desember 2020 - 14:29 WIB
loading...
AS Cabut Visa Agen Senjata Ajaib Partai Komunis China
AS cabut visa untuk agen yang bekerja bagi sebuah departemen Partai Komunis China. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo , mencabut visa untuk agen Departemen Pekerjaan Front Bersatu China, departemen milik Partai Komunis China yang mengatur operasi pengaruh asing.

"Partai Komunis China (PKC) telah lama berusaha untuk menyebarkan ideologi Marxis-Leninis dan mengerahkan pengaruhnya ke seluruh dunia," kata Pompeo dalam sebuah pernyataan.

“Departemen Pekerjaan Front Bersatu PKC mendanai dan mendukung organisasi luar negeri untuk menyebarkan propaganda dan memaksa serta menindas mereka yang akan menentang kebijakan Beijing,” imbuhnya seperti dikutip dari Washington Examiner, Sabtu (5/12/2020).



Pencabutan visa massal menandai upaya untuk menampar intrik perpanjangan tangan China untuk melecehkan bahkan orang China-Amerika di AS, menyusul pengaduan selama bertahun-tahun dari anggota parlemen dan pejabat intelijen tentang operasi semacam itu.

Sekretaris Jenderal China Xi Jinping menyebut Front Bersatu sebagai "senjata ajaib" yang berkontribusi pada kekuatan Beijing yang terus tumbuh, tetapi kontroversi yang berasal dari upaya semacam itu telah memperdalam ketidaknyamanan Barat tentang ambisi China.

"Taktik koersifnya menargetkan individu yang dipandang bekerja melawan kepentingan PKC," ucap Pompeo. (Baca juga: Bos Mata-mata Trump: China Ancaman Terbesar bagi Kebebasan Dunia sejak PD II )

"Kegiatan jahat ini dimaksudkan untuk mengkooptasi dan memaksa para pemimpin sub-nasional, komunitas China perantauan, akademisi, dan kelompok masyarakat sipil lainnya baik di Amerika Serikat dan negara lain sebagai kelanjutan dari narasi otoriter PKC dan preferensi kebijakan," jelasnya.

Luasnya operasi tersebut menjadi lebih jelas bagi sekutu Barat pada tahun 2017, ketika seorang senator Australia menerima subsidi perjalanan yang terkait dengan China meningkat menjadi skandal atas dugaan keputusannya untuk memperingatkan seorang pengusaha China Australia bahwa ia sedang diselidiki oleh dinas intelijen Australia.

Loyalis pemerintah China telah menumbuhkan pengaruh di AS juga. Pada sebuah acara tahun lalu di Hong Kong yang diselenggarakan oleh wakil ketua sebuah "organisasi front persatuan patriotik", Neil Bush, putra mantan Presiden George H.W. Bush, menegaskan bahwa demokrasi tidak akan berhasil untuk China, seperti sistem China tidak akan berhasil untuk AS. Dan Pompeo pergi ke Wisconsin baru-baru ini untuk memperingatkan bahwa agen China menargetkan pejabat negara dan bahkan organisasi sipil setempat.(Baca juga: Berbalas Pantun, China Sebut Tudingan AS 'Ramuan Kebohongan' )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)