India Bangun Jembatan Khusus untuk Bantu Reptil Melintasi Jalan Raya

Rabu, 02 Desember 2020 - 07:30 WIB
loading...
India Bangun Jembatan Khusus untuk Bantu Reptil Melintasi Jalan Raya
Jembatan sepanjang 27 meter bernama Eco Bridge itu membantu reptil melintas. Foto/BBC
A A A
UTTARAKHAND - Pengelola hutan membangun jembatan unik untuk reptil dan binatang kecil lainnya agar bisa melintasi jalan raya yang ramai di wilayah pegunungan negara bagian Uttarakhand, India .

Jembatan sepanjang 27 meter bernama "Eco Bridge" itu dibuat dari bambu, rami dan rumput. Ini menjadi jembatan pertama yang khusus dibuat untuk hewan-hewan melata.

Banyak hewan telah tertabrak mobil yang melaju kencang di jalan raya yang menuju ke Nainital, tujuan wisata populer di negara bagian itu.

Pengelola hutan kemudian menanam tanaman merambat dan rumput untuk menarik hewan-hewan datang ke jembatan itu. (Baca Juga: Takut Balasan Iran, Israel Peringatkan Diplomatnya di Penjuru Dunia)

"Banyak reptil dan hewan kecil lainnya telah terbunuh oleh mobil wisata di jalan raya ini," ungkap Chander Shekhar Joshi, petugas kehutanan di negara bagian itu, kepada BBC. (Lihat Infografis: Terpeleset, Presiden Terpilih Joe Biden Alami Patah Tulang Kaki)

Dia mengatakan petugas memasang kamera di kedua sisi jembatan untuk memantau pergerakan hewan-hewan. (Lihat Video: Gubernur DKI Anies Baswedan Terkonfirmasi Positif Covid-19)



Jembatan itu kini telah menjadi objek wisata, dengan banyak pengunjung yang mampir untuk berfoto dan selfie. Tetapi departemen kehutanan berharap jembatan itu segera mulai menarik hewan juga.

"Ini adalah hutan lebat, dan gajah, macan tutul, rusa, serta banteng bergerak di daerah ini. Pengemudi dapat melihat mereka dari jarak jauh dan memperlambat atau berhenti, tetapi mereka jarang melakukannya untuk ular, kadal, kadal monitor atau tupai," ungkap pengelola hutan kepada surat kabar Indian Express.

Pejabat berharap jembatan ini akan membantu menciptakan kesadaran publik tentang keberadaan hewan-hewan kecil dan reptil di daerah tersebut serta membantu melindunginya.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)