Ini Alasan Mengapa Iran Selalu Ancam Serang Haifa Israel

Selasa, 01 Desember 2020 - 14:23 WIB
loading...
A A A
Ancaman Iran terhadap Haifa

Ancaman terbaru terhadap Haifa datang dari surat kabar garis keras Iran; Kayhan, yang dikelola oleh Hossein Shariatmadari, perwakilan dari Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Surat kabar itu menerbitkan opini pada hari Minggu yang mendesak Iran menyerang Haifa jika terbukti Israel berperan dalam membunuh ilmuwan nuklir Iran terkemuka Mohsen Fakhrizadeh. Menurut tulisan opini tersebut, menyerang Haifa akan menghancurkan fasilitas sekaligus dan menyebabkan banyak korban jiwa.

Fakhrizadeh tewas pada hari Jumat pagi. Kementerian Pertahanan Iran mengatakan dia tewas karena cedera yang diderita setelah baku tembak antara pengawalnya dan "kelompok teroris bersenjata".

Ancaman surat kabar itu menggemakan pernyataan Khamenei pada tahun 2013, ketika dia mengatakan dalam pidatonya bahwa jika Israel "membuat kesalahan sekecil apa pun, Republik Islam akan menghancurkan Tel Aviv dan Haifa".

Awal tahun ini, seorang mantan komandan IRGC mengatakan bahwa "balas dendam Iran" akan mencakup penargetan Haifa dan pusat-pusat militer Israel setelah Amerika Serikat mengaku memerintahkan serangan pesawat tak berawak yang menewaskan komandan Pasukan Quds IRGC, Jenderal Qassem Soleimani, di Baghdad pada Januari.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1455 seconds (0.1#10.140)