Kemampuan Drone Turki dan Azerbaijan Makin Ditakuti Eropa

Selasa, 01 Desember 2020 - 05:05 WIB
loading...
A A A
Dia bahkan menilai sebagian besar tentara negara-negara Eropa akan mengalami hal yang sama menyedihkannya dengan tentara Armenia.

Selama dekade terakhir, Turki secara dramatis mengembangkan teknologi drone untuk mengatasi embargo senjata dan pembatasan yang diberlakukan padanya oleh negara-negara seperti Amerika Serikat (AS).

Pembatasan terhadap teknologi drone tersebut mendorong Turki membangun industri manufaktur drone sendiri yang menghasilkan drone Bayraktar dan Anka-S.

Drone Bayraktar TB2 khususnya telah mendatangkan malapetaka pada pasukan rezim Suriah awal tahun ini sebagai pembalasan atas pembunuhan 34 tentara Turki.

Bayraktar TB2 juga berperan membantu pemerintah Libya dalam mengalahkan serangan pasukan Khalifa Haftar di Tripoli dan memukul mundur pasukan Haftar saat musim panas.

Drone melengkapi perang elektronik saat melakukan tugas pengintaian dan pengawasan. Drone juga dapat meretas radio dan sistem komando musuh untuk mengumpulkan informasi atau menyiarkan peringatan.

Drone juga mampu mengganggu sistem pertahanan udara Rusia yang digunakan di garis depan pertempuran tersebut.

Teknologi drone dan peperangan Turki dianggap sangat efektif sehingga menteri pertahanan Inggris memujinya sebagai "perubah permainan". Seorang pakar keamanan AS menyebutnya "belum pernah terjadi sebelumnya."

"Tidak ada tentara Eropa yang memiliki sistem pertahanan udara berkemampuan sensor-fusi atau plot-fusi-resolusi tinggi untuk melindungi persenjataannya sendiri,” ungkap Gressel.

Hanya Prancis dan Jerman yang memiliki pengacau anti-drone (jarak pendek) dan aset perlindungan pangkalan yang akan mampu mempertahankan dan melawan drone Turki. "Itu akan membuat mereka berpikir dan khawatir," papar Gressel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)