Bikin Penasaran, Monolit Misterius di Gurun AS Kini Menghilang

Senin, 30 November 2020 - 12:55 WIB
loading...
Bikin Penasaran, Monolit Misterius di Gurun AS Kini Menghilang
Dua petugas mendatangi monolit misterirus di sebuah gurun terpencil di Utah, Amerika Serikat. Monolit itu kini menghilang. Foto/REUTERS
A A A
MONUMENT VALLEY - Sebuah monolit logam misterius yang ditemukan di gurun terpencil di Utah, Amerika Serikat (AS), kini menghilang. Temuan pilar segitiga mengkilap setinggi 12 kaki ini telah memicu tebak-tebakan di kalangan publik nasional Amerika tentang bagaimana benda itu sampai ada di sana.

Biro Pengelolaan Lahan di Utah pada Sabtu lalu mengatakan benda itu telah dipindahkan oleh pihak yang tidak dikenal pada Jumat malam. Biro mengaku menerima "laporan yang dapat dipercaya" tentang menghilangnya monolit tersebut. (Baca: Terpeleset, Presiden Terpilih AS Joe Biden Mengalami Patah Tulang Kaki )

"Biro tidak menghapus struktur yang dianggap milik pribadi," katanya dalam sebuah pernyataan. "Kami tidak menyelidiki kejahatan yang melibatkan properti pribadi yang ditangani oleh kantor sheriff setempat," lanjut biro tersebut, seperti dikutip AFP, Senin (30/11/2020).

Pilar segitiga mengkilap yang menjulang tinggi sekitar 12 kaki dari bebatuan merah di Utah selatan, terlihat pertama kali pada 18 November oleh pejabat setempat yang bingung saat menghitung populasi domba dari udara.

Setelah mendaratkan helikopter mereka untuk menyelidiki, anggota kru Departemen Keamanan Publik Utah menemukan sebuah monolit logam terpasang di tanah, tetapi tidak ada indikasi yang jelas tentang siapa yang mungkin meletakkan monolit itu di sana.

"Tombol Reset" 2020

Berita tentang penemuan tersebut dengan cepat menjadi viral, di mana banyak orang yang mencatat kesamaan objek dengan monolit alien aneh dalam film fiksi ilmiah klasik Stanley Kubrick 2001: A Space Odyssey. (Baca: Ilmuwan Nuklirnya Dibunuh, Iran Didesak Serang Haifa Israel )

Ada juga yang berkomentar tentang penemuannya terjadi pada tahun yang telah membuat dunia dicengkeram oleh pandemi Covid-19, dan secara optimis berspekulasi bahwa itu bisa memiliki fungsi yang berbeda sama sekali.

"Ini adalah 'tombol reset' untuk tahun 2020. Bisakah seseorang menekannya dengan cepat?," canda salah seorang pengguna Instagram.

"Seseorang meluangkan waktu untuk menggunakan beberapa jenis alat pemotong beton atau sesuatu untuk benar-benar menggali, hampir dalam bentuk objek yang persis sama, dan menyematkannya dengan sangat baik," kata Nick Street, juru bicara Departemen Keamanan Publik AS kepada New York Times.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)