Kremlin Bantah Putin Tidak Terima Kemenangan Biden

loading...
Kremlin Bantah Putin Tidak Terima Kemenangan Biden
Kremlin mengatakan sangat salah untuk melihat belum adanya ucapan selamat dari Presiden Rusia, Vladimir Putin sebagai penolakan untuk menerima proyeksi kemenangan Joe Biden. Foto/Ist
MOSKOW - Kremlin mengatakan sangat salah untuk melihat belum adanya ucapan selamat dari Presiden Rusia , Vladimir Putin sebagai penolakan untuk menerima proyeksi kemenangan Joe Biden. Putin adalah satu dari sedikit negara yang belum memberikan selamat kepada Biden.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan bahwa Putin akan mengucapkan selamat kepada Biden jika hasil pemilihan umum (pemilu) Amerika Serikat (AS) sudah resmi diumumkan. ( Baca juga: Biden Pertimbangkan Tunjuk Tom Donilon Menjadi Bos Baru CIA )

"Ini adalah interpretasi yang benar-benar salah. Putin akan memberi selamat kepada presiden terpilih AS pada waktunya, setelah hasil pemilu diumumkan," ucap Peskov dalam sebuah pernyataan.

"Segera setelah proses ini selesai, presiden Rusia akan memberi selamat kepada mitranya (di AS) di masa depan pada waktunya," sambungnya merujuk pada Biden, seperti dilansir Tass pada Kamis (26/11/2020).



Peskov dikesempatan yang sama juga mencatat bahwa ucapan selamat yang dikirim ke AS oleh para pemimpin negara lain tidak akan memengaruhi rencana Putin. ( Baca juga: Kapal Perusak Rusia Ancam Tabrak Kapal Perang AS, Ini Respons Washington )

Pernyataan serupa sebelumnya disampaikan Putin. Dalam komentarnya di saluran berita Rossiya-1, Putin mengatakan bahwa tidak tepat untuk mendahului kesimpulan dari kontes sementara hasilnya masih belum bisa dipastikan.

"Tidak ada motivasi tersembunyi dan tidak ada yang tidak biasa. Dan tidak ada yang dapat menyebabkan hubungan kami memburuk. Ini murni formalitas. Kebiasaan politik menentukan bahwa (kami mengirim ucapan selamat) ketika salah satu partai mengakui kemenangan pihak lain, atau hasil akhir pemilu diselesaikan dengan cara yang sah dan legal," ungkapnya.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top