Presiden China Xi Beri Selamat pada Biden atas Kemenangan Pemilu

loading...
Presiden China Xi Beri Selamat pada Biden atas Kemenangan Pemilu
Xi Jinping saat masih wakil presiden China bertemu Joe Biden di Los Angeles, 2012. Foto/REUTERS
BEIJING - Presiden China Xi Jinping mengucapkan selamat pada Joe Biden atas kemenangannya dalam pemilu presiden Amerika Serikat (AS) pada 3 November.

Xi berharap dua negara dapat mendorong pembangunan hubungan bilateral yang sehat dan stabil.

Hubungan China-AS memburuk ke level terendah dalam beberapa dekade selama empat tahun masa jabatan Presiden AS Donald Trump. Keduanya berkonflik dalam masalah perdagangan, teknologi hingga Hong Kong dan virus corona.





“Dalam pesan ucapan selamatnya kepada Biden, Xi mengatakan hubungan yang sehat antara dua ekonomi terbesar di dunia itu tidak hanya untuk kepentingan kedua bangsa tetapi juga diharapkan komunitas internasional,” ungkap laporan kantor berita Xinhua. (Baca Juga: Jepang dan China Sepakat Mulai Lagi Bisnis Travel yang Terpukul Covid)

Diminta untuk berkomentar, seorang pejabat tim transisi Biden mengatakan, "Kami menghargai ucapan selamat dari semua pemimpin dunia yang telah menyampaikannya, termasuk Presiden Xi." (Lihat Infografis: Meski Trump tak Lagi Berkuasa, Iran Tolak Negosiasi Baru)

Selama kampanye pemilu, Biden bersumpah membatasi pengaruh China yang meluas di dunia. Biden menyebut Xi lebih dari sekali sebagai "preman" untuk praktik hak asasi manusia (HAM). (Lihat Video: KKP Belum Memberikan Keterangan Terkait Penangkapan Edhy Prabowo)



Pada Selasa, saat mengumumkan tim kebijakan luar negerinya, Biden mengatakan aliansi menunggu Amerika Serikat menegaskan kembali peran bersejarahnya sebagai pemimpin global di Pasifik, saat China berusaha menggantikan Washington sebagai kekuatan dominan.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top