97 Paus Pilot dan 3 Lumba-lumba Mati Terdampar Massal di Selandia Baru

Rabu, 25 November 2020 - 14:27 WIB
loading...
97 Paus Pilot dan 3 Lumba-lumba Mati Terdampar Massal di Selandia Baru
Beberapa ekor ikan paus terdampar di Coromandel, Selandia Baru, 17 Oktober 2020. Foto/REUTERS
A A A
WELLINGTON - Sebanyak 97 ekor paus pilot dan tiga lumba-lumba hidung botol telah mati setelah terdampar massal di Kepulauan Chatham yang terpencil di Selandia Baru . Penyebab puluhan satwa laut terdampar massal ini belum diketahui.

Kepulauan itu berada sekitar 800 km dari lepas pantai timur Selandia Baru. Kebanyakan dari satwa laut itu terdampar selama akhir pekan, namun upaya penyelamatan terhambat oleh lokasi yang terpencil.

(Baca juga : China Mulus Luncurkan Misi Bersejarah Chang'e 5 ke Bulan )

Departemen Konservasi Selandia Baru (DOC) mengatakan total 97 paus pilot dan tiga lumba-lumba hidung botol mati setelah terdampar. DOC mengaku diberitahu tentang insiden tersebut pada hari Minggu. (Baca: Lagi, 51 Paus Pilot Mati Terdampar di Selandia Baru )

"Hanya 26 paus yang masih hidup pada saat ini, sebagian besar dari mereka tampak sangat lemah, dan di-eutanasia karena kondisi laut yang ganas dan hampir pasti ada hiu putih besar di air," kata penjaga keanekaragaman hayati DOC Jemma Welch, seperti dikutip Reuters, Rabu (25/11/2020).

Terdampar massal cukup umum bagi satwa laut di Kepulauan Chatham. Menurut data otoritas setempat, sekitar 1.000 satwa laut mati dalam satu kali terdampar pada tahun 1918.

Paus terdampar massal telah terjadi sepanjang sejarah modern yang tercatat, dan mengapa hal itu terjadi adalah pertanyaan yang membingungkan para ahli biologi kelautan selama bertahun-tahun.

Pada akhir September, beberapa ratus paus mati di perairan dangkal di lepas pantai Australia di salah satu tempat terdamparnya paus massal terbesar di dunia.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1861 seconds (0.1#10.140)