Khianati Kim Jong-un, Pembelot Korut Menang Pemilu di Korsel

Kamis, 16 April 2020 - 13:34 WIB
loading...
Khianati Kim Jong-un, Pembelot Korut Menang Pemilu di Korsel
Thae Yong Ho (berkalung bunga), mantan wakil duta besar Korea Utara untuk Inggris yang membelot ke Korea Selatan menang pemilu di distrik Gangnam, Korea Selatan. Foto/Yonhap via REUTERS
A A A
SEOUL - Mantan diplomat Korea Utara (Korut) telah memenangkan kursi parlemen di distrik paling megah di Korea Selatan (Korsel), Gangnam. Empa tahun lalu, dia melarikan diri dari Kedutaan Korea Utara di London dan membelot ke Korea Selatan.

Thae Yong Ho, mantan wakil duta besar Korea Utara untuk Inggris dan kandidat anggota parlemen dari partai oposisi utama; United Future Party (UFP), bereaksi setelah terpilih dalam pemilu parlemen di kantor kampanyenya di Seoul, Kamis (16/4/2020).

Sebelum berkhianat, Thae Yong Ho adalah diplomat yang mengelola dana rahasia untuk pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Dia melarikan diri ke Korea Selatan yang kaya dan demokratis pada tahun 2016.

Thae, 55, memenangkan satu dari tiga daerah pemilihan di distrik Gangnam yang terkenal megah di Seoul dalam pemilu parlemen yang digelar Rabu. Dia mengalahkan seorang mantan anggota parlemen partai berkuasa empat periode dengan selisih hampir 620% suara.

"Saya sangat takut jika penduduk Gangnam akan mengambil seorang pria dari (Korea) Utara," kata Thae yang tersenyum dalam pidato kemenangan yang dibagikan di saluran YouTube-nya, seperti dikutip Reuters.

Dalam video itu, dia berada di antara kerumunan pemilih di kantor kampanyenya yang meneriakkan namanya sambil bersorak.

"Tetapi begitu banyak orang di sini memberi saya kekuatan, mereka memegang tangan saya, menyambut saya ke Gangnam dan berjanji untuk memilih saya," katanya dengan suara serak setelah kampanye selama berminggu-minggu.

Gangnam, sebuah distrik yang kaya dan konservatif yang terkenal akan butik-butiknya, bar-bar mewah dan rumah-rumah mewah, menjadi terkenal di dunia internasional melalui lagu hit tahun 2012 berjudul "Gangnam Style" yang dipopulerkan musisi K-pop; Psy.

Thae, yang telah bekerja di Korea Selatan sebagai ahli kebijakan luar negeri sebelum meluncurkan tawaran untuk menjadi anggota parlemen pada bulan Februari, adalah pengungsi Korea Utara pertama yang menjadi anggota parlemen yang mewakili daerah pemilihan di Korea Selatan.

Cho Myung-chul, mantan profesor Korea Utara, bertugas di parlemen 2012-2016 atas dukungan partai tetapi tanpa pemilu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1778 seconds (0.1#10.140)