November, Bulan Penuh Sejarah dan Makna untuk Palestina

loading...
November, Bulan Penuh Sejarah dan Makna untuk Palestina
Ilustrasi
JAKARTA - November menjadi bulan yang penting dan penuh makna bagi Palestina . Setidaknya ada tiga kejadian atau hal penting yang berpengaruh besar terhadap Palestina, yang terjadi di bulan November.

Menurut keterangan Kedutaan Besar Palestina di Jakarta yang diterima Sindonews, peristiwa pertama adalah Deklarasi Balfour pada 2 November 1917, yang merupakan dasar dari pembentukan Israel. Deklarasi ini diumumkan oleh pemerintah Inggris di tengah-tengah Perang Dunia I, di mana deklarasi ini berisi dukungan atas pembentukan "rumah nasional" untuk warga Yahudi di tanah Palestina.

(Baca: Mengingat Perjuangan Palestina untuk Pengakuan Kemerdekaan RI )

"Pada 100 tahun Deklarasi Balfour yang tercela ini, kami sekali lagi menyerukan perlindungan internasional bagi rakyat kami, untuk penegakan resolusi PBB dan untuk adopsi tindakan oleh semua negara sesuai dengan kewajiban internasional mereka untuk membantu mengantar dan mengakhiri penjajahan dan pendudukan Israel di tanah kami," kata kedubes Palestina.



Peristiwa kedua adalah kematian Yasser Arafat, di mana mantan pemimpin Palestina itu meninggal dunia pada 11 November 2004. Palestina menyebut Israel adalah pihak yang membunuh Arafat.

"Israel sebagai tersangka pertama, fundamental dan satu-satunya dalam pembunuhan Yasser Arafat. Pemimpin Palestina itu diracuni sampai mati dengan radioaktif polonium," ungkapnya.

(Baca: Hari Anak Sedunia: Ratusan Anak Palestina Ditahan Israel )



Ketiga adalah deklarasi kemerdekaan Palestina oleh Dewan Nasional Palestina, sebagai bagian dari Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) pada 15 November tahun 1988. Deklarasi ini diprakarsai oleh Arafat, yang saat itu tengah berada di pengasingan di Aljazair. Dalam deklarasi itu disebutkan Yerusalem adalah Ibu Kota dari Palestina.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top