Biden Yakin Sudah Pilih Menteri Keuangan yang Disukai Semua Demokrat

Jum'at, 20 November 2020 - 17:11 WIB
loading...
Biden Yakin Sudah Pilih Menteri Keuangan yang Disukai Semua Demokrat
Presiden AS terpilih Joe Biden. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden telah memilih menteri keuangan dan akan mengumumkan pilihannya itu paling cepat pekan depan.

“Kami telah membuat keputusan itu. Dan Anda akan menemukan itu seseorang yang saya pikir akan diterima oleh semua elemen Partai Demokrat dari koalisi progresif hingga moderat,” papar Biden saat konferensi pers, dilansir Reuters.

Dia mengaku akan mengungkapkan pilihannya itu sebelum atau setelah liburan Thanksgiving Kamis mendatang.



Para kandidat yang masuk dalam daftar singkat Biden adalah mantan Ketua Bank Sentral AS (Fed) Janet Yellen, Gubernur Fed sekarang Lael Brainard, mantan Gubernur Fed Sarah Bloom Raskin, dan Presiden Bank Sentral Atlanta Raphael Bostic, president of the Federal Reserve Bank of Atlanta. (Baca Juga: Menkes AS Tolak Kerjasama dengan Joe Biden)

Seseorang yang ditunjuk Biden sebagai menteri keuangan harus mendapat dukungan Senat AS. (Lihat Infografis: Vaksin Moderna Klaim 94,5 Persen Efektif Lawan Virus Corona)

Menteri Keuangan AS menghadapi tantangan yang luas dan dalam secara historis. Dia harus memerangi krisis kesehatan dan ekonomi sambil tetap mencapai berbagai target presiden yang telah dijanjikan selama kampanye. (Lihat Video: Baliho Habib Rizieq diturunkan, Pangdam Jaya: Itu Perintah Saya!)

Biden menyatakan dia mendukung cara Bank Sentral AS mengelola kebijakan tingkat suku bunga. “Saya pikir itu positif sejauh ini,” ujar Biden.

Biden Yakin Sudah Pilih Menteri Keuangan yang Disukai Semua Demokrat


Hingga saat ini Donald Trump belum mengakui kemenangan Biden. Trump masih mengajukan berbagai gugatan untuk menggagalkan kemenangan Biden.

Meski demikian, sejauh ini upaya Trump gagal. Biden justru semakin kuat dalam beberapa penghitungan ulang suara di sejumlah negara bagian.

Tampaknya Trump pada akhirnya harus tetap mengakui kekalahannya dalam pemilu. Namun Trump bertekad proses transisi tidak akan lancar dan penuh tantangan bagi Biden.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1292 seconds (0.1#10.140)