Kabar Gembira! Vaksin Covid-19 Moderna Beri Proteksi Hampir 95%

Selasa, 17 November 2020 - 02:01 WIB
loading...
A A A
"Efektivitas keseluruhannya luar biasa. Ini hari yang luar biasa," ungkap Tal Zaks, kepala petugas medis di Moderna, pada BBC News.

Dr Stephen Hoge, presiden perusahaan, mengatakan dia "semringah sebentar" ketika hasilnya masuk.

"Saya kira tidak ada dari kami yang benar-benar berharap vaksin itu 94% efektif mencegah penyakit Covid-19, itu benar-benar realisasi yang menakjubkan," tutur dia.

Kapan vaksin itu bisa diperoleh? Itu tergantung di mana Anda berada di dunia ini dan berapa usia Anda.

Moderna mengatakan mereka akan mengajukan untuk regulator di AS dalam beberapa pekan mendatang. Perusahaan berharap memiliki 20 juta dosis di AS.

Perusahaan berharap memiliki hingga satu miliar dosis untuk digunakan di penjuru dunia tahun depan dan berencana meminta persetujuan di negara lain juga.

Pemerintah Inggris masih bernegosiasi dengan Moderna karena vaksin mereka bukan salah satu dari enam vaksin yang sudah dipesan. Dilaporkan, vaksin Moderna tidak akan tersedia sebelum musim semi tahun depan.

Inggris telah menguraikan rencana yang memprioritaskan orang tertua untuk imunisasi.

Apa yang tidak kita ketahui? Kita masih belum tahu berapa lama kekebalan akan bertahan karena relawan harus dipantau lebih lama lagi sebelum pertanyaan itu bisa dijawab.

Ada petunjuk bahwa vaksin itu menawarkan perlindungan pada kelompok usia yang lebih tua, yang paling berisiko meninggal akibat Covid, tetapi tidak ada data lengkap.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1087 seconds (0.1#10.140)