10 Kapal Selam Penyerang Paling Mematikan di Dunia

loading...
Pertama kali ditugaskan oleh Royal Navy (Angkatan Laut Inggris Raya) pada 2010, kapal selam
bertenaga Nuklir Astute Class ini dirancang sebagai kapal selama untuk peperangan masa depan. Kapal selam ini diproyeksikan menggantikan kapal kelas Swiftsure yang sudah tua. Dilengkapi dengan enam tabung torpedo 533 mm, kapal ini dapat menembakkan torpedo Spearfish, rudal anti-kapal Sub-Harpoon, dan rudal jelajah Tomahawk. Kapal selam modern ini menetapkan standar untuk seluruh Angkatan Laut Kerajaan Inggris dalam hal senjata. (Baca juga: 10 Ilmuwan Muslim yang Ubah Wajah Dunia)

4.Kelas Graney (Rusia)

10 Kapal Selam Penyerang Paling Mematikan di Dunia


Beroperasi : 2013
Kedalaman Menyelam : Sekitar 300 m
Senjata : berbagai torpedo, anti-kapal dan rudal jelajah.

Proyek Rusia 885 Yasen (diberi nama kode Graney Class oleh NATO) adalah kapal selam nuklir terbaru Rusia. Kapal selama utama, Severodvinsk telah ‘dipensiunkan’ pada 1993 karena masalah pendanaan. Proyek kapal selam baru dilanjutkan kembali pada tahun 2013 oleh Angkatan Laut Rusia. Rusia rupanya memiliki 6 unit kapal selama yang direncanakan untuk konstruksi guna menggantikan kelas Akula yang sudah berusia tua. Kelas Graney memiliki 24 tabung peluncuran vertikal untuk rudal jelajah dan 8 tabung torpedo 650 mm untuk rudal dan torpedo anti-kapal.

5.Kelas Sierra II (Rusia)

10 Kapal Selam Penyerang Paling Mematikan di Dunia


Beroperasi : 1992
Kedalaman menyelam : Sekitar 400 m
Senjata : Torpedo, rudal anti-kapal selam SS-N-15 Starfish atau SS-N-16 Stallion, rudal jelajah SS-N-21 Samson

Kapal selama penerus kelas Alfa naas seri Sierra II ini memiliki dua lambung titanium yang ringan dan kuat. Kelas Sierra dapat beroperasi pada kedalaman luar biasa. Hal ini telah mengurangi tingkat kebisingan yang terpancar dan meningkatkan ketahanan terhadap kerusakan torpedo. (Baca juga: Cara Mereda dan Melawan Hawa Nafsu)

Pada eranya Uni Soviet memiliki teknologi Titanium yang jauh lebih maju daripada Barat. Kapal selam ini membutuhkan lebih sedikit lintasan untuk mencapai pengelasan yang sukses. Konstruksi lambung kapal sangat mahal sehingga tak heran jumlah kapal selam jenis ini jumlahnya sangat sedikit di dunia. Meskipun biaya operasinya tinggi, Angkatan Laut Rusia tetap memelihara kapal selama ini.
halaman ke-2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top