Cari Bukti Kejahatan Perang, Australia Tunjuk Penyelidik Khusus

Jum'at, 13 November 2020 - 01:54 WIB
loading...
Cari Bukti Kejahatan Perang, Australia Tunjuk Penyelidik Khusus
Australia telah menunjuk penyelidik khusus untuk mencari bukti kejahatan perang di Afghanistan. Foto/Ilustrasi
A A A
CANBERRA - Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan bahwa negara itu harus siap menghadapi "kebenaran brutal", karena para pejabat bersiap untuk memeriksa laporan tentang dugaan kejahatan perang yang dilakukan tentaranya di Afghanistan .

"Pemerintah telah menunjuk penyelidik khusus untuk memeriksa dan berpotensi menuntut tuduhan kesalahan pasukan di Afghanistan," Morrison mengumumkan seperti dilansir dari Russia Today, Jumat (13/11/2020).

Penyelidikan atas tindakan militer dilakukan pada tahun 2016. Versi laporan akhir yang disunting akan dirilis pada minggu depan.



Namun, bagian dari dokumen yang bocor ke media Australia telah melukiskan gambaran yang mengerikan dengan cerita tentang pasukan komando negara itu yang diduga menyiksa dan mengeksekusi warga sipil dan tahanan.

Morrison memperingatkan bahwa rincian laporan tersebut dapat mengejutkan publik. (Baca juga: Sadisnya Pasukan Khusus Australia di Afghanistan: Tembak Kepala, Gorok Leher Warga )

"Ini akan menjadi berita yang sulit dan berat bagi warga Australia, saya jamin," katanya.

PM Australia itu menambahkan bahwa prosedur hukum di masa mendatang akan mengharuskan pihaknya untuk menangani kebenaran yang jujur dan brutal, di mana harapan dan standar mungkin tidak terpenuhi.

Ketika ditanya apakah para prajurit yang dinyatakan bersalah melakukan kejahatan dapat dicabut medali mereka, Menteri Pertahanan Linda Reynolds mengatakan bahwa semua opsi dan rekomendasi akan dipertimbangkan.

Reynolds mencatat, bagaimanapun, isi laporan tidak mungkin telah membayangi sebagian besar dari 39.000 orang Australia yang telah bertugas di Afghanistan dan telah melakukannya dengan sangat berbeda.

Pasukan komando Australia dikerahkan bersama pasukan Amerika Serikat (AS) dan sekutunya ke Afghanistan untuk memerangi militan Taliban dan al-Qaeda setelah serangan teroris 11/9 sebagai bagian dari 'Perang terhadap Teror' yang dipimpin AS.(Baca juga: Pasukan Khusus Australia Eksekusi Tahanan Afghanistan yang Sudah Diborgol )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1676 seconds (0.1#10.140)