Trump Kalah Pilpres, Ini Kata Partai Komunis China

Selasa, 10 November 2020 - 15:38 WIB
loading...
Trump Kalah Pilpres, Ini Kata Partai Komunis China
Presiden Donald Trump kehilangan dikungan di negara-negara bagian Rust-Belt dalam pilpres 2020. Foto/Standard
A A A
BEIJING - Partai Komunis China (PKC) ikut bersuara terkait hilangnya dukungan bagi Presiden Donald Trump di beberapa negara bagian Rust-Belt dalam pemilu presiden (pilpres) yang dimenangkannya pada tahun 2016.Negara-negara bagian Rust-Belt adalah di kawasan Midwest dan Danau-Danau Besar di Amerika Serikat (AS).

Melalui beberapa media yang dikelola pemerintah, PKC mengklaim bahwa perang dagangnya yang sedang berlangsung dengan China adalah penyebabnya. The Global Times mengatakan Trump kehilangan negara bagian manufaktur dan pertanian seperti Pennsylvania dan Wisconsin karena "nasionalisme yang menderu" yang menyingkirkan orang Amerika dari perdagangan global.

"Empat tahun lalu, Trump menang di 'negara bagian Rust Belt' di Wisconsin, Michigan dan Pennsylvania. Mengingat logika perang perdagangan yang diluncurkan AS, Trump seharusnya menang lebih banyak. Tapi dia kehilangan semuanya tahun ini," bunyi editorial Global Times.(Baca juga: Kekuasaan Trump Tinggal 73 Hari, Ini Wewenang Tanpa Batasnya )

"Diharapkan bahwa Joe Biden akan menangani persaingan China-AS dengan sikap pragmatis. China juga sangat mementingkan 'ancaman AS', tetapi bahkan di saat tersulit, kami masih fokus untuk 'melakukan yang terbaik dalam bisnis kami sendiri'. Barat sering menuduh China mengipasi api nasionalisme. Tetapi kapan orang China pernah menggunakan nasionalisme yang menderu untuk menggantikan upaya menyelesaikan masalah mereka sendiri?" media Beijing itu melanjutkan seperti dilansir dari Newsweek, Selasa (10/11/2020).

Biden, seperti kebanyakan orang di Washington, telah mengubah sikap pro-keterlibatannya di China sejak dia menjadi wakil presiden, alih-alih mengkritik Xi Jinping sebagai "preman." Terlepas dari klaim kampanye Trump bahwa Biden akan bersikap "lunak" terhadap China, platform Biden berupaya beralih dari tarif dan penjualan senjata ke yang mempromosikan aliansi dan hak asasi manusia.



Pemimpin redaksi outlet media pemerintah China, Hu Xijin, berbagi video sesaat sebelum pemilu AS tentang orang Amerika melindungi pusat-pusat bisnis karena kekhawatiran kerusuhan pasca pemilu. Hu mengatakan hal seperti ini biasanya merupakan komplikasi dari pemilihan umum di negara-negara miskin.

Hu, yang sering mengkritik administrasi Trump, segera dicela oleh banyak orang yang melihat penerapan undang-undang keamanan nasional Hong Kong oleh Beijing sebagai masalah yang jauh lebih mendesak.

Direktur eksekutif PBB Watch Hillel Neuer menjawab kepala editorial Global Times, men-tweet, "Anda bahkan tidak memiliki pemilu."(Baca juga: Biden Mulai Transisi Kekuasaan, Trump Tetap Menolak Kalah )

Media PKC yang dikelola negara lainnya, China Daily, mendesak Presiden terpilih Biden untuk menghidupkan kembali pembicaraan perdagangan dan memulihkan beberapa pemahaman dan kepercayaan dalam hubungan China-AS.

Tetapi nada berbeda diserukan oleh media yang dikelola pemerintah lainnya The People's Daily. The People's Daily benar-benar menertawakan Trump setelah presiden AS itu men-tweet klaim palsu pada hari Sabtu bahwa dia telah memenangkan pemilu. Sebagai tanggapan, outlet yang dikelola pemerintah berkomentar, "HaHa" dan menyertakan emoji tawa.

Newsweek menghubungi Kedutaan Besar China di Washington Senin malam untuk komentar tambahan selain kampanye Trump tetapi tidak menerima balasan sebelum publikasi.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)