Menunggu Peran Biden Sebagai Penyelamat

Senin, 09 November 2020 - 06:09 WIB
loading...
Menunggu Peran Biden Sebagai Penyelamat
Harapan besar menanti Joe Biden setelah dinyatakan sebagai pemenang pemilu presiden Amerika Serikat (AS). Foto/dok
A A A
WASHINGTON - Harapan besar menanti Joe Biden setelah dinyatakan sebagai pemenang pemilu presiden Amerika Serikat (AS) . Politisi Partai Demokrat itu ditunggu perannya sebagai penyelamat, bukan hanya untuk negaranya, melainkan juga dunia. Terlebih saat ini dunia tengah dibelenggu krisis, mulai dari pandemi virus corona hingga ancaman resesi.



Visi menjadi penyelamat sudah dipatok Biden lewat agenda “Build Back Better” yang menjadi payung kampanye Biden dalam berbagai kebijakan memulihkan AS. Dengan program itu, AS akan berkontribusi dalam memperbaiki dunia, sebuah peran yang ditinggalkan Donald Trump selama memimpin negara adidaya tersebut.

Menunggu Peran Biden Sebagai Penyelamat


Dalam biografi akun Twitter, Biden juga menyatakan dirinya siap membangun kembali yang lebih baik bagi seluruh rakyat AS. Jika sudah berada di Gedung Putih, dia berkomitmen membalikkan hampir sebagian besar kebijakan Presiden AS Donald Trump. (Baca: Pentingnya Tafakuri Diri)

Target pertama adalah mengendalikan virus corona dengan akan mewajibkan penggunaan masker di seluruh AS untuk menyelamatkan ribuan rakyatnya.”Itu (pengendalian virus corona) merupakan satu-satunya cara kita bisa kembali menjalani kehidupan,” ujar Biden, dilansir Reuters.

Biden akan segera membentuk kelompok yang terdiri atas ahli dan pakar sains sebagai penasihat transisi untuk mengambil rencana Covid-19 Biden-Harris dan mengubahnya menjadi rencana aksi yang akan dimulai pada 20 Januari 2021. Rencana itu akan dibangun atas dasar sains yang kuat. Biden menegaskan bahwa dia akan berusaha maksimal untuk menangani pandemi.

Masih terkait penanganan pandemi Covid-19, Biden ingin memberi bantuan ekonomi kepada pemerintahan negara bagian lokal. Biden juga akan memberi paket bantuan bagi pengusaha kecil dan menengah yang terdampak pandemi.

Di sisi lain dia juga akan memastikan rencana pemulihan ekonomi akan bekerja dengan lebih baik. Untuk itu, dia akan membatalkan pemotongan pajak yang telah ditandatangani Trump untuk perusahaan dan orang kaya setelah dia berkuasa. Namun, kebijakan itu membutuhkan persetujuan Kongres. Dia juga ingin meningkatkan penegakan pajak dan mewujudkan hak-hak para pekerja. (Baca juga: Sosialisasi Minim, Banyak Sekolah Tak Tahu Penyederhanaan Kurikulum)

Untuk terus meningkatkan ekonomi AS dan menyelamatkan dari jurang resesi, Biden akan mendorong lembaga pemerintah membeli produk buatan AS. Dia juga fokus untuk membantu agar industri AS bisa tumbuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0936 seconds (0.1#10.140)