Biden: Ini Saatnya Menyembuhkan AS

Minggu, 08 November 2020 - 12:45 WIB
loading...
Biden: Ini Saatnya Menyembuhkan AS
Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden menyampaikan pidato kemenangannya dari Delaware. Foto/Los Angeles Times
A A A
WASHINGTION - Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden menyatakan ini adalah "waktu untuk menyembuhkan" Amerika yang terpecah belah. Hal itu diucapkan Biden dalam pidato pertamanya setelah menang dalam pemilihan presiden (pilpres), bahkan ketika Presiden Donald Trump menolak untuk menyerah.

Kemenangan Biden di negara bagian Pennsylvania yang menjadi medan pertempuran utama menempatkannya berada di atas ambang 270 suara Electoral College yang dibutuhkan untuk meraih kursi kepresidenan. Hasil ini juga mengakhiri ketegangan selama empat hariterakhirdan mengirim para pendukungnya ke jalan-jalan di kota besar untuk merayakannya.(Baca juga: Breaking: Menang di Pennsylvania, Biden Raup 284 Electoral Vote )

“Bangsa ini telah berbicara. Mereka telah memberi kami kemenangan yang jelas, kemenangan yang meyakinkan,” kata Biden kepada para pendukungnya yang membunyikan klakson dan bersorak di tempat parkir di kota asalnya Wilmington, Delaware seperti dikutip dari Reuters, Minggu (8/11/2020).

Politisi Demokrat itu berjanji bahwa sebagai presiden ia akan berusaha untuk menyatukan negara dan mengerahkan kekuatan untuk memerangi pandemi virus Corona, membangun kembali kemakmuran ekonomi, menjamin perawatan kesehatan bagi keluarga Amerika, dan membasmi rasisme sistemik.

Biden: Ini Saatnya Menyembuhkan AS


Tanpa menyebutkan saingannya dari Partai Republik secara langsung, Biden berbicara kepada 70 juta orang Amerika yang memberikan suara untuk mendukung Trump, beberapa di antaranya turun ke jalan pada hari Sabtu untuk berdemonstrasi menentang hasil pilpres.

“Untuk Anda semua yang memilih Presiden Trump, saya memahami kekecewaan malam ini. Saya sendiri telah kehilangan beberapa kali. Tapi sekarang, mari saling memberi kesempatan. Saatnya singkirkan retorika kasar, turunkan tensi, bertemu lagi, saling mendengarkan lagi," serunya.

"Ini adalah waktu untuk menyembuhkan di Amerika," cetusnya.

Dia juga berterima kasih kepada pemilih kulit hitam, mengatakan bahwa bahkan pada saat-saat terendah kampanyenya, komunitas Afrika-Amerika telah membela dirinya. "Mereka selalu mendukungku, dan aku akan mendukungmu," katanya.

Dalam kesempatan itu Biden diperkenalkan oleh pasangannya, Senator AS Kamala Harris, yang akan menjadi wanita pertama, orang Amerika Hitam pertama dan orang Amerika keturunan Asia pertama yang menjabat sebagai wakil presiden, orang nomor dua di negara itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)