10 Perempuan Pejuang di Palagan Perang Dunia

Minggu, 08 November 2020 - 06:29 WIB
loading...
10 Perempuan Pejuang di Palagan Perang Dunia
Dari amazon kuno hingga buku komik, legenda di seluruh dunia penuh dengan wanita pejuang. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
DARI amazon kuno hingga buku komik, legenda di seluruh dunia penuh dengan wanita pejuang . Pada kenyataannya, peran perempuan dalam peperangan seringkali terabaikan dalam catatan peristiwa global. Berikut ini adalah daftar 10 wanita terkenal yang berjuang dalam perang dari abad pertama hingga perang dunia II.

1. Cornelia Fort (Pilot tempur wanita pertama Amerika Serikat)

10 Perempuan Pejuang di Palagan Perang Dunia


Pada 7 Desember 1941, instruktur penerbangan Cornelia Fort sedang memberikan pelajaran tentang
Honolulu ketika sebuah pesawat tak terduga melintasi jalur penerbangannya. Fort melongok ke luar ruangan dan dirinya menyaksikan bom pertama yang dijatuhkan dalam serangan di Pearl Harbor. Fort mencatat peristiwa itu di buku catatan hariannya. (Baca: 5 Senjata Api Termahal di Dunia, Mau Tau Keistimewaannya?)

Dia segera mendaftar di WAFS, Women’s Auxiliary Ferrying Squadron (WAFS). Cabang sipil Angkatan Udara, Benteng, dan 1074 wanita lainnya terbang selama perang, melatih pilot, dan mengangkut pesawat militer. Tragisnya, Fort menjadi pilot wanita pertama dalam sejarah Amerika Serikat yang meninggal dalam dinas aktif.

2. Mary Greyeyes (Tentara wanita pribumi pertama Kanada di PD II)

10 Perempuan Pejuang di Palagan Perang Dunia


Ketika Mary Greyeyes ikut berperang selama Perang Dunia II (PD II), dia tidak berniat menjadi panutan atau pahlawan nasional, dia hanya meniru kakak laki-lakinya, David. Ketika perang pecah pada 1939 dan saudara laki-laki Greyeyes mendaftar sebagai prajurit, dia juga bergabung Mary menjadi wanita pribumi pertama yang bertugas di Angkatan Bersenjata Kanada. Dia ditempatkan di markas perang di London, Inggris.

Kisahnya tentang kesetiaan keluarga, patriotisme, dan keturunan aborigin membuat profilnya sering ditampilkan dalam foto-foto propaganda termasuk pertemuan dengan sejumlah pejabat, termasuk Ratu Elizabeth II yang masih muda.

3. Maria Bochkareva (Perwira tentara wanita pertama Rusia)

10 Perempuan Pejuang di Palagan Perang Dunia


Namanya tidak dikenal hari ini, tetapi Maria Bochkareva menjadi sensasi global selama Perang Dunia Pertama. Perwira tentara wanita Rusia pertama, Bochkareva memimpin Batalyon Kematian Wanita Rusia ke-1 di Front Timur. Pada tahun 1918 ia menulis otobiografi yang sangat sukses, dan selama tur buku internasionalnya dia bertemu dengan Raja George V, Emmeline Pankhurst, dan Presiden Wilson.

Tragisnya, perhatian dunia, termasuk hadiah USD1000 dari Theodore Roosevelt setelah Hadiah Nobel Perdamaiannya, menjadikan Maria sasaran kaum revolusioner Bolshevik. Bochkareva dieksekusi oleh regu tembak sekembalinya ke Rusia. (Baca juga: 6 Negara dengan Kekuatan Angkatan Laut Terbesar di Dunia)

4. Nakano Takeko (Samurai perempuan Jepang)

10 Perempuan Pejuang di Palagan Perang Dunia


Onna-bugeisha, prajurit wanita Jepang, berasal dari tahun 200 Masehi. Terampil dalam persenjataan dan seni bela diri, mereka dilatih untuk bertarung bersama pria dalam pertempuran. Onna-bugeisha lebih tua seribu tahun sebelum kelas samurai, tetapi tahun 1800-an adalah masa pergolakan sosial saat klan berjuang untuk kemerdekaan satu sama lain dan pengaruh barat.

Nakano Takeko (1847-1868), salah satu
onna-bugeisha terakhir yang diketahui, memimpin prajuritnya dalam serangan yang gagal melawan
penjajah pada 1868 dan tewas dalam pertempuran. Karena nilai-nilai Victoria berlaku di Barat pada saat itu, laporan tentang pria Eropa yang berperang dengan pejuang wanita yang ganas ini dihilangkan dalam catatan barat tentang budaya Jepang. Hari ini bagaimanapun, sejarah perempuan heroik ini muncul kembali

5. Buffalo Calf Road Woman (Pejuang Suku Indian Amerika)

10 Perempuan Pejuang di Palagan Perang Dunia


Meskipun sejarah masyarakat Amerika Utara tidak pernah menulisnya namun berbagai sumber dan pendongeng tradisional menggambarkan keberanian prajurit Cheyenne, Buffalo Calf Road Woman. Selama Perang Sioux tahun 1876, Buffalo Calf Road Woman bertempur di bawah komando Crazy Horse.

Dia berani menyelamatkan kakaknya dalam pertempuran dan ikut berperang di Little Bighorn.
Pendongeng mengutipnya sebagai pejuang Cheyenne yang memukul Letnan Kolonel Custer dari kudanya
sebelum dia ditembak dan dibunuh. Yang pasti Buffalo Calf Road Woman adalah tokoh penting dalam sejarah Indian Plains. (Baca juga: Ironi Para Ilmuwan Hebat yang Tak Pernah Menangkan Nobel)

6. Joan of Arc (Pejuang wanita Prancis yang kalahkan Inggris)

10 Perempuan Pejuang di Palagan Perang Dunia


Diceritakan dalam buku-buku sejarah gadis berusia 13 tahun ini awalnya mendengar suara orang-orang
kudus memanggilnya untuk memimpin rajanya ke takhta dan negaranya menuju kemerdekaan. Ditangkap dan dibunuh pada 1430, Joan dituduh sebagai bidah dan penyihir serta dikutuk karena berpakaian seperti laki-laki.

Joan of Arc telah mencapai apa yang tidak bisa dilakukan oleh orang Prancis lain. Dia memimpin Prancis meraih kemenangan atas Inggris. Ditangkap Inggris lalu dipenjara dan diadili, dia menjadi wanita dan pejuang paling terkenal di dunia. Dalam kematiannya, Joan tidak hanya menjadi
legenda, tetapi juga seorang santo Katolik dengan banyak gereja di seluruh dunia yang menyandang
namanya.

7. Freydis EirĂ­ksdĂłttir (Pejuang legenda Viking)

10 Perempuan Pejuang di Palagan Perang Dunia


Freydis Eiríksdóttir (c. 970-c. 1004 CE) adalah seorang pejuang wanita hebat atau seorang yang jahat, licik pembunuh (ada dua versi buku yang menceritakan soal sosok Freydis). Dia muncul di Erik the Red’s Saga (di mana dia adalah pahlawan wanita) dan The Saga of the Greenlanders (penjahat wanita).

Buku berjudul The Vinland Sagas, menggambarkannya sebagai putri dan saudara perempuan Erik the Red’s dari Lief Erikson, lahir sekitar 970 M. Dalam salah satu buku Freydis disebut sebagai seorang pejuang pemberani, berjuang saat hamil dan bertarung dengan Bangsa Pertama di Vinland, sekarang Newfoundland di Kanada.

Terlepas dari mana buku yang mencertakan sosoknya yang benar, yang pasti Freydis adalah wanita kuat yang tidak takut menghadapi musuhnya. (Baca: Jurus Jitu Berbagai Kota di Dunia Kurangi Kemacetan)

8. Aethelflaed (Pejuang bangsa Mercia Inggris kuno)

10 Perempuan Pejuang di Palagan Perang Dunia


Seperti Boudica, ratu Inggris lain juga ada yang berjuang mempertahankan tanahnya dari penjajah asing. Kali ini penjajah itu adalah Viking, dan pejuangnya adalah Aethelflaed, putri Alfred yang Agung.

Menikah dengan raja Mercia di Midlands Inggris, "Lady of the Mercians" ikut menjalankan pemerintahan karena usia sang suami yang sudah uzur. Aethelflaed memerintahkan pembangunan benteng pertahanan dan melatih tentaranya.

Pada 917 M, dia memimpin pasukannya dan merebut benteng Denmark di Derby, kemudian merebut Leicster. Ketika Wales melancarkan pemberontakan, Aethelflaed menangkap ratu mereka dan menyandera sampai Welsh tunduk pada pemerintahannya.

9. Boudica 60 AD (Ratu suku Iceni Celtic Inggris)

10 Perempuan Pejuang di Palagan Perang Dunia


Sejarah Romawi mencatat dengan tinta emas nama dua jenderal besar Roma Julius Caesar dan Scipio.
Tetapi wanita mana yang merupakan salah satu musuh terbesarnya? Pada 60 M, ratu Iceni Boudica
menghancurkan legiun Romawi di Inggris dan menarik perhatian sejarawan Romawi Tacitus dan Cassius Dio.

Terlatih dalam pertempuran sejak kecil, ratu Celtic menolak untuk menyerah saat Romawi menyerbu Inggris. Dia memimpin pasukan prajurit untuk menghancurkan ibu kota Camulodunum, membantai penduduknya dan mempermalukan tentara legiun. (Baca juga: Horor Macet, Stop Ratusan Kilometer Berhari-hari, Salah Satunya di Brebes 2016)

Dia melanjutkan untuk menangkap London dan Verulamium. Ketika bala bantuan tiba dan Romawi akhirnya berhasil mengalahkan Boudica dan orang Inggrisnya, dia melakukan bunuh diri untuk menghindari penangkapan.

10. The Trung Bersaudara

10 Perempuan Pejuang di Palagan Perang Dunia


Kakak beradik Trung adalah pemimpin militer Vietnam yang memerintah selama tiga tahun setelah memberontak pada tahun 40 M melawan dominasi China pertama di Vietnam. Mereka dianggap sebagai pahlawan nasional Vietnam.

Nama mereka adalah Trung Trac dan Trung Nhi. Trung Trac adalah wanita pertama yang menjadi raja Vietnam serta satu-satunya ratu yang terhormat dalam sejarah Vietnam (LĂ˝ ChiĂŞu HoĂ ng adalah wanita kedua yang mengambil alih pemerintahan dan merupakan satu-satunya permaisuri yang terhormat).

Sumber: www.worldatlas.com
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2037 seconds (0.1#10.140)