10 Perempuan Pejuang di Palagan Perang Dunia

Minggu, 08 November 2020 - 06:29 WIB
loading...
A A A
8. Aethelflaed (Pejuang bangsa Mercia Inggris kuno)

10 Perempuan Pejuang di Palagan Perang Dunia


Seperti Boudica, ratu Inggris lain juga ada yang berjuang mempertahankan tanahnya dari penjajah asing. Kali ini penjajah itu adalah Viking, dan pejuangnya adalah Aethelflaed, putri Alfred yang Agung.

Menikah dengan raja Mercia di Midlands Inggris, "Lady of the Mercians" ikut menjalankan pemerintahan karena usia sang suami yang sudah uzur. Aethelflaed memerintahkan pembangunan benteng pertahanan dan melatih tentaranya.

Pada 917 M, dia memimpin pasukannya dan merebut benteng Denmark di Derby, kemudian merebut Leicster. Ketika Wales melancarkan pemberontakan, Aethelflaed menangkap ratu mereka dan menyandera sampai Welsh tunduk pada pemerintahannya.

9. Boudica 60 AD (Ratu suku Iceni Celtic Inggris)

10 Perempuan Pejuang di Palagan Perang Dunia


Sejarah Romawi mencatat dengan tinta emas nama dua jenderal besar Roma Julius Caesar dan Scipio.
Tetapi wanita mana yang merupakan salah satu musuh terbesarnya? Pada 60 M, ratu Iceni Boudica
menghancurkan legiun Romawi di Inggris dan menarik perhatian sejarawan Romawi Tacitus dan Cassius Dio.

Terlatih dalam pertempuran sejak kecil, ratu Celtic menolak untuk menyerah saat Romawi menyerbu Inggris. Dia memimpin pasukan prajurit untuk menghancurkan ibu kota Camulodunum, membantai penduduknya dan mempermalukan tentara legiun. (Baca juga: Horor Macet, Stop Ratusan Kilometer Berhari-hari, Salah Satunya di Brebes 2016)

Dia melanjutkan untuk menangkap London dan Verulamium. Ketika bala bantuan tiba dan Romawi akhirnya berhasil mengalahkan Boudica dan orang Inggrisnya, dia melakukan bunuh diri untuk menghindari penangkapan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0951 seconds (0.1#10.140)