150 Juta Orang Terancam Jatuh ke Jurang Kemiskinan karena Covid-19

Minggu, 01 November 2020 - 22:00 WIB
loading...
150 Juta Orang Terancam Jatuh ke Jurang Kemiskinan karena Covid-19
Ilustrasi
A A A
NEW YORK - Hingga 150 juta orang bisa tergelincir ke dalam kemiskinan ekstrem, hidup dengan kurang dari USD 1,9 atau sekitar Rp. 25 ribu per harinya, pada akhir tahun depan tergantung pada seberapa buruk ekonomi menyusut selama pandemi Covid-19 . Hal itu diungkapkan oleh Bank Dunia.

"Pandemi tiba-tiba menghentikan kemajuan bertahun-tahun melawan kemiskinan ekstrem global, yang diperkirakan akan meningkat tahun ini untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua dekade. Ini juga mengancam untuk memperburuk ketidaksetaraan global dan mempersulit negara-negara untuk kembali ke pertumbuhan inklusif,” kata Presiden Bank Dunia, David Malpass, seperti dilansir Al Arabiya.

(Baca: Jokowi: Pandemi Covid-19 Bukan Penghalang untuk Berkreasi )

Menurut laporan Bank Dunia, sekitar 82 persen orang yang memasuki kemiskinan ekstrim diharapkan berada di negara-negara berpenghasilan menengah, seperti India, Nigeria, dan Indonesia.

Bank Dunia menyebut, kebanyakan akan ada di daerah perkotaan yang akan lebih berpendidikan, yang berarti kota-kota akan melihat peningkatan jenis kemiskinan yang secara tradisional berakar di daerah pedesaan. Sebagian besar orang miskin baru, lebih dari 110 juta, bahkan menurut perkiraan dasar Bank Dunia, akan berada di Asia Selatan dan Afrika sub-Sahara.

Dalam laporannya, Bank Dunia mengatakan, hampir seperempat dari populasi dunia hidup di bawah USD 3,20 per hari, sejumlah besar orang yang rentan terhadap jenis guncangan ekonomi yang datang secara bergelombang tahun ini. Bank Dunia menuturkan, pengangguran akan meningkat dan mereka yang mengumpulkan tabungan telah menyaksikannya menghilang.


“Banyak dari kaum miskin baru kemungkinan besar akan terlibat dalam layanan informal, konstruksi, dan manufaktur, sektor di mana aktivitas ekonomi paling terpengaruh oleh penguncian dan pembatasan mobilitas lainnya,” kata laporan itu.

Pemulihan, papar laporan tersebut, bisa memakan waktu satu dekade, pukulan yang menghancurkan bagi orang-orang yang telah melepaskan diri dari kemiskinan dan melihat kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Negara-negara berkembang mencari lebih banyak bantuan dari Bank Dunia, lembaga keuangan lain, dan pemerintah yang lebih kaya untuk membebaskan sumber daya guna memerangi pandemi. Mereka menginginkan perpanjangan moratorium hutang oleh negara-negara G-20 setelah akhir tahun ini dan mereka menyerukan pembatalan hutang secara langsung. Mereka juga menginginkan masalah hak penarikan khusus oleh Dana Moneter Internasional, tetapi Washington menentangnya.

"Jika respons global mengecewakan orang-orang dunia yang miskin dan rentan, kerugian yang mereka alami hingga saat ini mungkin lebih kecil dari apa yang ada di depan. Kita tidak boleh gagal," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1016 seconds (0.1#10.140)