Kebakaran Hutan Dahsyat Landa California, Hampir 100 Ribu Dievakuasi

Selasa, 27 Oktober 2020 - 17:12 WIB
loading...
Kebakaran Hutan Dahsyat Landa California, Hampir 100 Ribu Dievakuasi
Kebarana hutan di California membuat hampir 100 orang dievakuasi. Foto/Al Jazeera
A A A
WASHINGTON - Kebakaran hutan yang menyebar dengan cepat telah memaksa dikeluarkannya perintah evakuasi bagi lebih dari 100 ribu orang di California selatan, Amerika Serikat (AS) . Kebakaran juga melukai dua petugas pemadam kebakaran.

Kebakaran hutan itu menyebar dengan cepat setelah angin kencang melanda seluruh negara bagian itu. Kebakaran juga memicu pemadaman listrik bagi ratusan rumah penduduk.

Sekitar 60.000 orang meninggalkan rumah mereka di dekat Los Angeles pada hari Senin ketika kebakaran berkobar di lebih dari 3.000 hektar lahan, memblokir jalan-jalan utama di Orange County.

Kebakaran yang disebut sebagai Silverado Fire terjadi pada pagi hari di kaki bukit Irvine, 60 kilometer tenggara Los Angeles, dan dengan cepat menyebar tanpa terkendali, dipicu oleh kondisi kering dan angin tidak menentu yang mencegah pesawat pemadam kebakaran terbang.

“Ini gila - bahkan di dalam mobil, mata, hidung, dan tenggorokan saya terasa perih,” kata Frederic Tournadre, seorang pria Prancis yang perusahaannya di Irvine terpaksa memulangkan semua karyawannya seperti dikutip dari Al Jazeera, Selasa (27/10/2020).

Kebakaran itu berukuran hampir empat kali lipat pada sore hari, melewati jalan raya dan menutupi daerah itu dengan kepulan asap dan abu yang besar.

Ancaman terbaru datang di tengah apa yang oleh para ahli meteorologi disebut serangan angin ekstrem terkuat - dan tingkat kelembapan terendah - yang didokumentasikan dalam musim kebakaran di California menduduki peringkat terburuk dalam catatan areal yang terbakar.(Baca juga: Relawan asal Indonesia Bantu Padamkan Api Saat Kebakaran Hutan di California )

Kebakaran telah menghanguskan lebih dari 16.500 km persegi - sebuah area yang setara dengan daratan negara bagian Hawaii - sejak awal tahun, dengan ribuan rumah hancur dan 31 nyawa melayang.

Dalam laporan kepada Komisi Utilitas Umum negara bagian, perusahaan utilitas Southern California Edison (SCE) mengatakan sedang menyelidiki apakah peralatan listriknya yang menyebabkan kobaran api. Laporan singkat tersebut mengatakan bahwa tampaknya "kawat pengikat" yang mengikat saluran telekomunikasi ke kabel pendukung mungkin telah mengenai saluran konduksi 12.000 volt di atasnya, dan penyelidikan sedang dilakukan.

SCE melaporkan pemadaman listrik ke 21.000 rumah dan bisnis sebagai tindakan pencegahan dalam menghadapi risiko kebakaran tinggi yang ditimbulkan oleh angin berbahaya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)