50 Negara Ratifikasi, Perjanjian Larangan Senjata Nuklir Siap Diberlakukan

Minggu, 25 Oktober 2020 - 09:46 WIB
loading...
50 Negara Ratifikasi, Perjanjian Larangan Senjata Nuklir Siap Diberlakukan
Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
NEW YORK - PBB mengumumkan bahwa 50 negara telah meratifikasi perjanjian PBB untuk melarang senjata nuklir yang memicu konvensi itu akan berlaku dalam 90 hari mendatang. Langkah ini mendapat pujian dari aktivis anti nuklir, namun sangat ditentang oleh Amerika Serikat (AS) dan negara-negara kekuatan nuklir lainnya.

Pade hari Jumat, perjanjian itu telah memiliki 49 negara peserta penandatangan dan PBB mengatakan ratifikasi ke-50 dari Honduras telah diterima.

Ratifikasi ke-50 datang pada peringatan 75 tahun ratifikasi Piagam PBB yang secara resmi membentuk Perserikatan Bangsa-Bangsa dan dirayakan sebagai Hari PBB.

"Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres memuji 50 negara dan memberi hormat 'pekerjaan instrumental' dari masyarakat sipil dalam memfasilitasi negosiasi dan mendorong ratifikasi," kata juru bicara PBB Stephane Dujarric seperti dilansir dari Associated Press, Minggu (25/10/2020).



Menurut Dujarric, Kepala PBB mengatakan, berlakunya perjanjian itu pada 22 Januari memuncak pada gerakan di seluruh dunia untuk menarik perhatian pada konsekuensi bencana kemanusiaan dari setiap penggunaan senjata nuklir dan merupakan penghormatan kepada mereka yang selamat dari ledakan dan uji coba nuklir, banyak di antaranya menganjurkan perjanjian ini.

"Perjanjian ini mewakili komitmen yang berarti terhadap penghapusan total senjata nuklir, yang tetap menjadi prioritas pelucutan senjata tertinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa," kata Dujarric.

Perjanjian tersebut mensyaratkan bahwa semua negara yang meratifikasi tidak pernah dalam keadaan apa pun mengembangkan, menguji, memproduksi, membuat, jika tidak memperoleh, memiliki atau menimbun senjata nuklir atau alat peledak nuklir lainnya. Perjanjian ini juga melarang transfer atau penggunaan senjata nuklir atau alat peledak nuklir - dan ancaman untuk menggunakan senjata tersebut - serta mengharuskan pihak-pihak untuk mempromosikan perjanjian tersebut ke negara lain.(Baca juga: Menlu Retno: Penghapusan Total Senjata Nuklir Elemen Penting bagi Perdamaian )

Setelah diberlakukan, semua negara yang telah meratifikasinya akan terikat oleh persyaratan tersebut.

Perjanjian tersebut disetujui oleh 193 anggota Majelis Umum PBB pada 7 Juli 2017 dengan suara 122 setuju, Belanda menentang, dan Singapura abstain. Di antara negara yang memberikan suara dukungan adalah Iran. Lima kekuatan nuklir dan empat negara lain yang diketahui atau diyakini memiliki senjata nuklir - India, Pakistan, Korea Utara dan Israel - memboikot negosiasi dan pemungutan suara pada perjanjian tersebut, bersama dengan sekutu mereka.(Baca juga: Hari Internasional Tolak Senjata Nuklir, Inisiatif Panjang Kazakhstan )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1551 seconds (0.1#10.140)