Rusia Dituduh Gunakan Senjata Rahasia untuk Serang Agen CIA di Australia

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 00:10 WIB
loading...
Rusia Dituduh Gunakan Senjata Rahasia untuk Serang Agen CIA di Australia
Lobi Gedung Markas CIA di McLean, Virginia, Amerika Serikat. Foto/REUTERS/Larry Downing
A A A
WASHINGTON - Rusia dituduh menggunakan senjata rahasia untuk menyerang dua agen CIA (Badan Intelijen Pusat) Amerika Serikat (AS) di Australia. Senjata rahasia yang dimaksud adalah "microwave weapon (senjata gelombang mikro)".

Senjata itu dilaporkan telah digunakan di bawah kampanye serangan di seluruh dunia yang diduga menyebabkan cedera otak pada diplomat dan mata-mata Amerika. Washington menyebutnya sebagai " Sindrom Havana ". (Baca: AS Masih Selidiki Penyebab Penyakit Misterius Sindrom Havana )

Serangan yang menyebabkan "Sindrom Havana" telah dilaporkan terjadi selama bertahun-tahun setelah diplomat Amerika yang ditempatkan di Kuba tiba-tiba mulai mendengar kicauan dan suara jeritan aneh yang selalu terjadi saat mereka berada di rumah atau pun di hotel.



Yang terjadi selanjutnya sangat mengerikan, di mana para korban menderita sakit kepala, kehilangan daya ingat dan pendengaran, serta kesulitan tidur selama bertahun-tahun. Beberapa telah terikat kursi roda, sementara yang lain terpaksa mengenakan rompi pemberat untuk memperbaiki keseimbangan mereka. (Baca: Jet Tempur Siluman F-22 AS Cegat Pembom Rusia di Dekat Alaska )

Tapi serangan misterius seperti itu di tanah Australia tercatat sebagai yang pertama kali.

Menurut sebuah laporan di majalah GQ; The Mystery of the Immaculate Concussion, salah satu dari dua agen AS yang percaya bahwa mereka diserang adalah agen sangat senior yang termasuk di antara 5 pejabat peringkat tertinggi di CIA.

Jurnalis Julia Ioffe dari GQ mengatakan kedua agen CIA itu berada di Australia untuk mengadakan pembicaraan dengan ASIO (Australian Security Intelligence Organisation) dan badan intelijen lainnya di bawah aliansi berbagi intelijen Five Eyes dengan AS, Inggris, Kanada, dan Selandia Baru.

"Pada musim gugur 2019, dua pejabat tinggi CIA, keduanya dalam dinas klandestin, pergi ke Australia untuk bertemu dengan pejabat di badan mata-mata negara itu," tulis Ioffe. (Baca juga: Rusia Bantah Ingin Kacaukan Pemilu AS, Sebut Tuduhan Tak Berdasar )

"Saat berada di kamar hotel mereka di Australia, kedua orang Amerika itu merasakannya: suara aneh, tekanan di kepala mereka, dering di telinga mereka. Menurut sumber ini, mereka menjadi mual dan pusing," lanjut Ioffe yang dikutip news.com.au, Kamis (22/10/2020).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)