Perang Nagorno-Karabakh Masuk Babak Baru Situasi ‘Tong Mesiu’

Jum'at, 16 Oktober 2020 - 19:41 WIB
loading...
Perang Nagorno-Karabakh Masuk Babak Baru Situasi ‘Tong Mesiu’
Mobil terbakar di luar rumah sakit di Martakert, Nagorno-Karabakh, 15 Oktober 2020. Foto/REUTERS
A A A
BAKU - Pasukan Armenia dan Azerbaijan kembali terlibat pertempuran baru pada Jumat (16/10), menghapus harapan berakhirnya perang yang telah berlangsung tiga pekan di Nagorno-Karabakh .

Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menyebut situasi tong mesiu di wilayah tersebut. Kekerasan terburuk sejak 1990-an itu berisiko mengakibatkan bencana kemanusiaan dan krisis ekonomi, serta dapat menyeret Rusia dan Turki.

Pompeo mengkritik Turki dalam konflik itu karena mendukung Azerbaijan. Dia menganggap aliansi NATO itu memperburuk situasi di Nagorno-Karabakh yang secara internasional diakui sebagai bagian Azerbaijan tapi diperintah oleh etnik Armenia.



Turki telah meningkatkan ekspor senjata ke Azerbaijan tahun ini. Kantor berita Rusia, RIA juga melaporkan angkatan laut Rusia berencana menggelar latihan militer di Laut Kaspia.

Ada tanda-tanda bahwa gencatan senjata yang disepakati Sabtu lalu telah gagal dengan konflik baru yang terjadi hari ini. (Baca Juga: Perang Armenia-Azerbaijan Meningkat, Relawan Nagorno-Karabakh Dibekali Senjata)

Armenia dan Azerbaijan saling tuduh pihak lain sebagai pihak yang merusak gencatan senjata dengan melancarkan serangan. (Lihat Infografis: Lepas Pantai Indonesia Akan Dijaga Oleh Senjata Canggih Turki)

Pejabat Kementerian Pertahanan (Kemhan) Armenia Artsrun Hovhannisyan menyatakan Azerbaijan telah melancarkan serangan artileri di utara Nagorno-Karabakh. “Infanteri musuh melarikan diri dari pukulan tentara kita,” papar Kemhan Armenia. (Lihat Video: Mantan Wapres Hamzah Haz Dirawat di RSPAD Gatot Soebroto)

Kemhan Azerbaijan menolak tuduhan itu dengan menyatakan pasukan Nagorno-Karabakh dipaksa mundur dan pasukan Azerbaijan terus memperluas kontrol di sepanjang garis kontak kedua pihak.

Kemhan Nagorno-Karabakh melaporkan korban baru sebanyak 29 tentara meninggal, sehingga total ada 633 orang personel militer tewas sejak pertempuran pecah pada 27 September.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)