Situasi Politik Memburuk, Raja Malaysia Desak Semua Pihak Tahan Diri

loading...
Situasi Politik Memburuk, Raja Malaysia Desak Semua Pihak Tahan Diri
Raja Malaysia, Al-Sultan Abdullah meminta para politisi untuk tidak menyeret negara melalui ketidakpastian politik dan mendesak mereka untuk menyelesaikan masalah melalui negosiasi dan proses konstitusional. Foto/REUTERS
A+ A-
KUALA LUMPUR - Raja Malaysia, Al-Sultan Abdullah meminta para politisi untuk tidak menyeret negara melalui ketidakpastian politik. Dia mendesak mereka untuk menyelesaikan masalah melalui negosiasi dan proses konstitusional.

Pernyataan Raja Malaysia itu datang di tengah perebutan kekuasaan atas jabatan Perdana Menteri antara PMMuhyiddin Yassin dan pemimpin oposisi Anwar Ibrahim, hanya tujuh bulan setelah perseteruan lain yang membuat Muhyiddin membentuk pemerintahan.

Dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Jumat (16/10/2020), Istana Nasional menyarankan anggota parlemen untuk menunjukkan kedewasaan dalam politik dan memahami keprihatinan publik. (Baca juga: Raja Malaysia Tunda Pertemuan dengan Aliansi Anwar Ibrahim)

"Mengenai perkembangan terkini situasi politik negara, Yang Mulia berpesan kepada masyarakat, terutama para politisi, untuk bersama-sama memastikan bahwa negara tidak pernah lagi terseret ke dalam ketidakpastian politik, sementara kita semua masih dihadapkan pada berbagai masalah dan masa depan yang sulit karena ancaman epidemi Covid-19," kata istana.



Istana Nasional, dalam pernyataannya juga mengatakan bahwa Raja Malaysia mendesak para pihak yang bersitegang untuk menyelesaikan masalah melalui negosiasi dan proses hukum yang tertuang dalam Konstitusi Federal. (Baca juga: Kisruh Politik di Malaysia, Gebrakan Anwar Ibrahim Terganjal)

Raja sendiri memainkan peran yang sebagian besar bersifat seremonial, tetapi dia dapat menunjuk seorang sebagai perdana menteri yang menurutnya kemungkinan besar akan memimpin mayoritas. Pemerintah baru biasanya dipilih di Malaysia, tetapi istana memainkan peran dalam kasus-kasus tertentu.
(esn)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top