Taiwan Habiskan Rp13 Triliun untuk Usir Jet Tempur China Tahun Ini

Rabu, 07 Oktober 2020 - 14:40 WIB
loading...
Taiwan Habiskan Rp13 Triliun untuk Usir Jet Tempur China Tahun Ini
Personil militer melintasi jet tempur dan persenjataan di Taiwan. Foto/REUTERS
A A A
TAIPEI - Taiwan telah menghabiskan hampir USD900 juta (Rp13 triliun) tahun ini untuk melawan manuver militer China . Taipei mengakui tekanan yang mereka hadapi besar.

China mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya dan meningkatkan aktivitas militer dekat pulau itu. Beijing marah dengan meningkatnya dukungan Amerika Serikat (AS) pada Taiwan, termasuk kunjungan pejabat senior pemerintahan AS dan peningkatan penjualan senjata.

Dalam beberapa pekan terakhir, jet tempur China melintasi garis tengah Selat Taiwan yang normalnya menjadi zona penyangga tidak resmi. China juga menerbangkan sejumlah misi masuk ke zona identifikasi udara barat daya Taiwan.

Saat pidato di parlemen, Menteri Pertahanan (Menhan) Taiwan Yen De-fa menyatakan angkatan udara mengerahkan 2.972 misi pengusiran pesawat China tahun ini dengan biaya USD886,49 juta.

“Tekanan saat ini besar. Untuk mengatakan sebaliknya akan menipu rakyat,” ungkap Yen, tanpa membandingkan data tahun lalu.

Dia menjelaskan bahwa data 4.132 misi angkatan udara tahun ini, seperti disajikan dokumen untuk parlemen, termasuk misi pelatihan dan patroli rutin.

Yen menjelaskan, pasukan bersenjata bulan ini akan melancarkan pelatihan di pantai barat daya Taiwan meski tidak menembakkan peluru tajam.

Angkatan bersenjata Taiwan memiliki pelatihan dan perlengkapan yang bagus tapi masih kalah dengan China. Kementerian Pertahanan Taiwan sebelumnya mengakui latihan militer China itu ditujukan untuk mereka. (Baca Juga: Azerbaijan Akui Gunakan Drone Turki dalam Konflik di Nagorno-Karabakh)

Taiwan saat ini dalam proses memperkuat armada jet tempurnya. AS tahun lalu menyetujui penjualan jet tempur F-16 untuk Taiwan senilai USD8 miliar. (Baca Infografis: Kemenangan Biden Makin Nyata di Pilpres Amerika Serikat)

Kesepakatan itu akan membuat Taiwan memiliki lebih dari 200 pesawat F-16, armada F-16 terbesar di Asia. (Lihat Video: Pedagang Tanaman Hias Raup Untung Ditengah Pandemi Covid-19)
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)