Rusia Sematkan Rudal Anti Udara Jarak Jauh ke Su-57 dan Su-35S

Rabu, 07 Oktober 2020 - 06:35 WIB
loading...
Rusia Sematkan Rudal Anti Udara Jarak Jauh ke Su-57 dan Su-35S
Sebuah jet tempur Su-35S Rusia menembakkan apa yang tampak seperti rudal udara-ke-udara jarak jauh R-37M dalam video promosi oleh Kementerian Pertahanan Rusia. Foto/Sputnik
A A A
MOSKOW - Sejumlah foto yang baru dirilis dari jet tempur canggih terbaru Rusia tampaknya menunjukkan beberapa versi modifikasi dari rudal udara-ke-udara jarak jauh di bawah sayap mereka. Ini menunjukkan Moskow mendorong senjata ke platform baru, sangat meningkatkan kemampuan mereka untuk berpatroli di langit.

Dikutip dari Sputnik, Rabu (7/10/2020), video peringatan yang merayakan seratus tahun pembukaan Pusat Uji Penerbangan Akhtubinsk Rusia di Astrakhan Oblast termasuk beberapa cuplikan menarik dari desain rudal baru yang berpotensi dapat membuat pencegat jarak jauh Rusia menjadi lebih kuat.

Satu video, sebuah film dokumenter berdurasi satu jam berjudul "The First in Everything," dimulai dengan asal-usul pusat pengujian selama Perang Saudara Rusia dan diakhiri dengan proyek terbarunya, JSC Sukhoi Company Su-57 , yang diberi kode nama oleh NATO “Penjahat." Di saat-saat terakhir film, beberapa jet siluman generasi kelima terlihat terbang dalam formasi, dan dua di antaranya tampaknya membawa varian baru dari rudal udara-ke-udara Vympel R-77.

Satu pesawat tampaknya memiliki rudal K-77M, desain yang sangat canggih yang menggabungkan radar pencari active electronically scanned array (AESA), yang dirancang untuk mengimbangi manuver ekstrim pilot musuh yang dimaksudkan untuk mengelabui rudal dan menghindarinya. Rudal R-77 biasa adalah analog kasar dari rudal udara-ke-udara AIM-120 AMRAAM Amerika Serikat (AS), dan peningkatan jangkauannya telah paralel dengan AMRAAM, dengan K-77M dilaporkan memiliki jangkauan yang jauh lebih luas hingga 100 mil. Rudal tersebut dimaksudkan untuk menjadi senjata udara utama Su-57.(Baca juga: Pesawat Tempur Su-57 Rusia Akan Dapatkan 'Jubah Gaib' )

Rudal lainnya lebih misterius. Drive mengklaim itu adalah R-77 yang dimodifikasi lebih lanjut yang disebut Izdeliye 180-Pryamotochniy Dvigatel (Product 180-Direct-Flow Motor), yang dilengkapi mesin ramjet eksperimental. Ramjet dioptimalkan untuk terbang super cepat melebihi Mach 3 - jauh lebih cepat daripada rudal standar.

Menurut outlet tersebut, rudal tersebut tidak pernah terlihat di luar mock-up demonstrasi, yang berarti tidak jelas apakah foto tersebut adalah bukti Izdeliye 180-PD benar-benar sedang diuji atau tidak.

Dalam video lain yang jauh lebih pendek tentang Akhtubinsk yang dikeluarkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia, Su-35S terlihat meluncurkan apa yang tampaknya merupakan rudal udara-ke-udara R-37M. Rudal itu terkenal dengan jangkauan ultra-jauhnya - dilaporkan hingga 186 mil - sangat cocok untuk MiG-31, pencegat jarak jauh utama Rusia, yang menggunakan radar khusus dan kuat yang dapat menggunakan R-37M untuk efek maksimum.

Namun, R-37M baru bagi Su-35S, turunan dari Su-27 dengan beberapa peningkatan yang sangat mengesankan sehingga hampir sama kemampuannya dengan Su-57 baru. Izvestiya melaporkan pada bulan April Su-35S telah memulai tes captive-carry dengan R-37M untuk menguji seberapa baik ia terintegrasi dengan pesawat, tetapi ini adalah pertama kalinya terlihat ditembakkan oleh jet tempur tersebut.(Baca juga: 2 Jet Tempur Su-35 Rusia Cegat Pesawat AS, Berisiko Tabrakan di Udara )

Jet tempur Su-57 juga telah diuji sebagai platform untuk rudal jarak jauh.
(ber)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2201 seconds (10.101#12.26)