Hampir 20.000 Pekerja Amazon Dinyatakan Positif Covid-19

Jum'at, 02 Oktober 2020 - 06:37 WIB
loading...
Hampir 20.000 Pekerja Amazon Dinyatakan Positif Covid-19
Hampir 20 ribu pekerja Amazon dinyatakan positif Covid-19. Foto/WHIG
A A A
NEW YORK - Amazon mengatakan bahwa hampir 20.000 pekerjanya telah dinyatakan positif atau dianggap positif terkena virus Corona yang menyebabkan Covid-19 .

Tetapi raksasa ritel online itu, yang mengungkapkan data untuk pertama kalinya, mengatakan bahwa tingkat infeksi karyawannya jauh di bawah yang terlihat pada populasi umum Amerika Serikat (AS).

Amazon mengatakan dalam blog perusahaan bahwa mereka memeriksa data dari 1 Maret hingga 19 September pada 1,37 juta pekerja di Amazon dan Whole Foods Market di seluruh AS.

Dikatakan pihaknya membandingkan tingkat kasus Covid-19 dengan populasi umum, seperti yang dilaporkan oleh Universitas Johns Hopkins untuk periode yang sama. (Baca juga: Jumlah Kematian Global akibat Virus Corona Sudah Lampaui 1 Juta Orang )

Berdasarkan analisis tersebut, jika tingkat di antara karyawan Amazon dan Whole Foods sama dengan populasi umum, diperkirakan akan terjadi 33.952 kasus di antara angkatan kerjanya. Itu 42% lebih tinggi dari rasio aktual Amazon seperti dikutip dari ABC News, Jumat (2/10/2020).

Perusahaan yang berbasis di Seattle itu juga mengatakan sedang melakukan ribuan tes sehari, yang akan bertambah menjadi 50.000 tes sehari di 650 lokasi pada November.

Analisis tersebut muncul ketika Amazon, bersama dengan pengecer lain dan pabrik pengepakan daging, telah berada di bawah tekanan yang meningkat oleh para pekerja dan kelompok yang didukung tenaga kerja untuk mengumumkan kasus Covid-19 mereka kepada publik.(Baca juga: Menlu RI: Covid-19 Momentum Perkuat Sistem Kesehatan Global untuk Masa Depan )

Kerahasiaan telah membuat para pekerja di berbagai pengecer termasuk Amazon dan Walmart menjadi detektif amatir di waktu luang mereka. Serikat pekerja dan kelompok advokat telah mengambil penyebabnya, juga, membuat daftar atau membangun peta toko online tempat pekerja dapat melaporkan sendiri kasus yang mereka ketahui.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1944 seconds (0.1#10.140)