Jumlah Kematian Global akibat Virus Corona Sudah Lampaui 1 Juta Orang

Senin, 28 September 2020 - 08:13 WIB
loading...
Jumlah Kematian Global akibat Virus Corona Sudah Lampaui 1 Juta Orang
Penguburan jenazah di Indonesia dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Foto/SINDOnews.com
A A A
PARIS - Jumlah kematian global akibat virus corona baru ( Covid-19 ), yang muncul kurang dari setahun yang lalu di China dan telah melanda seluruh dunia, melampaui satu juta pada hari Minggu.

Pandemi telah merusak ekonomi global, mengobarkan ketegangan geopolitik dan meningkatkan kehidupan, dari daerah kumuh India, hutan Brasil hingga kota terbesar di Amerika; New York.

Olahraga dunia, hiburan live, dan perjalanan internasional terhenti karena penggemar, penonton, dan turis dipaksa untuk tinggal di rumah, dan tetap di dalam dengan langkah-langkah ketat yang diberlakukan untuk mengekang penyebaran virus. (Baca: Ilmuwan China Lari ke AS: Covid-19 Dibuat di Lab Militer Partai Komunis China )

Pengendalian drastis yang menempatkan separuh umat manusia—lebih dari 4 miliar orang—di bawah beberapa bentuk penguncian pada bulan April pada awalnya memperlambat langkahnya, tetapi karena pembatasan dikurangi, kasus-kasus telah melonjak lagi.

Pada hari Minggu (227/9/2020), pukul 22.30 malam GMT, penyakit itu telah merenggut 1.000.009 korban dari 33.018.877 kasus infeksi yang tercatat. Data ini merupakan penghitungan AFP yang menggunakan sumber resmi.

Amerika Serikat memiliki jumlah kematian tertinggi dengan lebih dari 200.000 kematian diikuti oleh Brasil, India, Meksiko, dan Inggris.

Bagi pengemudi truk Italia, Carlo Chiodi, sosok-sosok suram itu termasuk kedua orang tuanya, yang katanya meninggal dalam beberapa hari secara berurutan. (Baca: Xi Jinping: China Lulus Ujian Virus Corona yang Luar Biasa dan Bersejarah )

“Yang sulit saya terima adalah saya melihat ayah saya berjalan keluar rumah, masuk ke ambulans, dan yang bisa saya katakan kepadanya hanyalah 'selamat tinggal',” kata Chiodi, yang berusia 50 tahun.

"Saya menyesal tidak mengatakan 'Aku mencintaimu' dan saya menyesal tidak memeluknya. Itu masih menyakitkan saya," ujarnya kepada AFP yang dilansir Senin (28/9/2020).

Para ilmuwan masih berlomba untuk menemukan vaksin yang berfungsi melawan Covid-19. Sedagkan pemerintah beberapa negara kembali dipaksa untuk melakukan tindakan penyeimbangan yang tidak mudah, yakni pengendalian virus dengan memperlambat penyebarannya, tapi itu merugikan ekonomi dan bisnis yang sudah goyah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1032 seconds (0.1#10.140)