Pentagon Bersumpah Bantu Jaga Superioritas Militer Israel di Timur Tengah

loading...
Pentagon Bersumpah Bantu Jaga Superioritas Militer Israel di Timur Tengah
Menteri Pertahanan AS Mark Esper. Foto/Malay Mail
A+ A-
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Mark Esper, berjanji untuk membantu menjaga superioritas militer Israel di Timur Tengah. Pernyataan ini muncul di tengah kekhawatiran Israel atas kemungkinan penjualan jet tempur F-35 AS ke Uni Emirat Arab (UEA).

Saat menyambut Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz di Pentagon, Esper mengatakan landasan hubungan pertahanan kedua negara adalah menjaga keunggulan militer kualitatif (QME) Israel di wilayah Timur Tengah.(Baca juga: AS Hendak Jual Jet Tempur F-35 ke UEA, Menhan Israel Terbang ke Washington)

“Amerika Serikat berkomitmen untuk itu, dan Departemen Pertahanan berkomitmen untuk keharusan itu. Kami akan terus mendukung kebijakan AS yang telah berlangsung lama untuk menjaga keamanan Israel," kata Esper seperti dikutip dari The Defense Post, Rabu (23/9/2020).

Pada gilirannya Gantz menekankan pentingnya kemitraan AS-Israel di kawasan Timur Tengah yang "tidak stabil", dan mengatakan bahwa hubungan tersebut melampaui QME.



"Seperti yang selalu saya katakan, kami tidak memiliki Amerika Serikat lain, Anda juga tidak memiliki Israel lain," kata Gantz.

“Kami akan melanjutkan hubungan tersebut ke depan. Dan kami melihat hubungan itu sebagai hak istimewa, tetapi juga sebagai kebutuhan, kebutuhan lanjutan,” imbuhnya.

Sebelumnya kabar tentang AS akan menjual pesawat tempur canggih tersebut ke UEA membuat awan mendung di upacara perjanjian normalisasi diplomatik antara Israel dan UEA dan Israel dan Bahrain di Gedung Putih pada pekan lalu.(Baca juga: Bahrain, UEA dan Israel Teken Perjanjian Damai di Gedung Putih)



Saat itu, Presiden Donald Trump mengatakan ia tidak akan memiliki masalah menjual pesawat tempur F-35 ke UEA, meskipun ada keberatan dari negara Yahudi tersebut.(Baca juga: Trump: Tak Masalah Jual Jet Tempur Siluman F-35 AS ke UEA)
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top