Provinsi Quebec Kanada Mulai Buka Lagi Ekonomi Secara Bertahap

Selasa, 05 Mei 2020 - 03:01 WIB
loading...
Provinsi Quebec Kanada Mulai Buka Lagi Ekonomi Secara Bertahap
Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau. Foto/REUTERS
A A A
MONTREAL - Provinsi Quebec mulai membuka lagi ekonomi secara bertahap pada Senin (4/5) saat Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau memperingatkan publik tetap waspada.

Quebec mengizinkan toko-toko untuk buka lagi. Namun kebijakan ini tidak berlaku di Montreal, kota terbesar kedua di Kanada, karena ritel tetap tutup hingga 11 Mei.

Meski Quebec mencakup 24% dari populasi Kanada, provinsi itu memiliki 54% kasus corona dan 60% korban meninggal. Kanada saat ini melaporkan 60.000 kasus positif dan 3.800 korban meninggal dunia.

Sebagian besar kasus corona di Quebec dialami warga lanjut usia dan orang tua. Gubernur Francois Legault menyatakan saatnya sudah tepat untuk mulai secara bertahap mencabut pembatasan.

Dia juga menyatakan sekolah-sekolah akan kembali bukan bulan ini.

PM Trudeau dan pejabat kesehatan lainnya menegaskan upaya membuka lagi ekonomi harus dilakukan hati-hati untuk mencegah gelombang kedua pandemi corona.

Provinsi itu memiliki kewenangan besar untuk mengelola ekonomi dan sistem layanan kesehatan. PM Trudeau sejauh ini tak memberi kritik apapun.

“Jika satu provinsi mulai membuka lagi dan mengalami ledakan kasus baru, itu akan terserah pada provinsi itu untuk bereaksi. Dan saya tahu warga provinsi itu akan menginginkan pendekatan berbeda,” kata Trudeau.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2092 seconds (0.1#10.140)