Pembuat Racun Novichok Minta Maaf kepada Navalny, Si Pengkritik Putin

Senin, 21 September 2020 - 11:25 WIB
loading...
Pembuat Racun Novichok Minta Maaf kepada Navalny, Si Pengkritik Putin
Politisi oposisi Rusia, Alexei Navalny. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Seorang ilmuwan yang terlibat dalam program rahasia Soviet untuk membuat racun Novichok meminta maaf kepada politisi oposisi Rusia Alexei Navalny . Politisi pengkritik Presiden Vladimir Putin itu saat ini berada di Berlin dan dalam proses pemulihan dari peracunan.

Vil Mirzayanov, seorang ahli kimia yang pertama kali mengungkap perkembangan racun Novichok, dalam sebuah wawancara dengan TV Rain Rusia pada Sabtu malam mengatakan dia ingin meminta maaf kepada Navalny setelah pihak Jerman mengatakan telah menemukan "bukti tegas" bahwa dia diracuni dengan Novichok .

Politisi oposisi Rusia itu pada hari Sabtu menggambarkan gejala parahnya setelah jatuh sakit di pesawat pada 20 Agustus, termasuk ketidakmampuan mengucapkan kata-kata. Dia mengaku masih berjuang untuk menuangkan segelas air atau pun menggunakan telepon. (Baca: Racun Novichok Ditemukan di Botol Air Kamar Hotel Navalny )

"Saya meminta maaf yang mendalam kepada Navalny atas fakta bahwa saya mengambil bagian dalam bisnis kriminal ini, mengembangkan zat yang meracuninya," kata Mirzayanov, yang sekarang tinggal di Amerika Serikat (AS) dan menulis artikel pertama tentang perkembangan Novichok di awal 1990-an.

Permintaan maafnya muncul ketika ilmuwan lain yang mengerjakan program racun tersebut menyangkal bahwa Navalny telah diracuni dengan Novichok.

Sejauh ini, tiga ilmuwan, yang sekarang berusia 70-an tahun, telah membuat pernyataan publik setelah mengerjakan proyek rahasia Soviet.

Mirzayanov memperkirakan bahwa Navalny pada akhirnya akan pulih. "Navalny hanya harus bersabar tetapi pada akhirnya, dia harus sehat," kata Mirzayanov, yang memperkirakan pemulihan akan memakan waktu hampir satu tahun.

Dia menduga bahwa Navalny kemungkinan besar meminum racun melalui mulut, karena dia tidak mencemari orang lain.

Argumen Mirzayanov ini sebagai bantahan atas argumen ilmuwan lain yang bekerja pada program racun Novichok, Vladimir Uglev, yang mengatakan kepada situs investigasi Proyekt bahwa masih hidupnya Navalny menunjukkan bahwa dia hanya melakukan kontak kulit. (Baca juga: Pencipta Racun Bantah Jerman: Jika Diracuni Novichok, Navalny Sudah Mati )

Para pembantu Navalny mengumpulkan benda-benda yang dibuang dari kamar hotelnya di kota Tomsk di Siberia dan mengirimkannya ke ahli Jerman yang menemukan Novichok ada dalam botol air tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)