Sekjen PBB: Klaim AS Terkait Sanksi Iran Masih Belum Pasti

Minggu, 20 September 2020 - 18:46 WIB
loading...
Sekjen PBB: Klaim AS Terkait Sanksi Iran Masih Belum Pasti
Guterres mengatakan dia tidak dapat mengambil tindakan apapun atas deklarasi AS, bahwa semua sanksi PBB terhadap Iran telah diberlakukan kembali, karena ada ketidakpastian tentang masalah tersebut. Foto/REUTERS
A A A
NEW YORK - Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres mengatakan kepada Dewan Keamanan (DK) bahwa dia tidak dapat mengambil tindakan apapun atas deklarasi Amerika Serikat (AS) , bahwa semua sanksi PBB terhadap Iran telah diberlakukan kembali. Ini karena tampaknya akan ada ketidakpastian tentang masalah tersebut.

"Tampaknya ada ketidakpastian, apakah proses tersebut benar-benar dimulai dan secara bersamaan apakah penghentian (sanksi) terus berlaku," tulis Guterres dalam sebuah surat kepada DK PBB.

"Ini bukan berada di tangan Sekretaris Jenderal untuk memproses hal itu jika masih ada ketidakpastian," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Minggu (20/9/2020).

Dia mengatakan, pejabat PBB memberikan dukungan administratif dan teknis kepada DK untuk menerapkan rezim sanksi dan Guterres menuturkan akan menunjuk ahli independen untuk memantau implementasi.

Guterres kemudian menuturkan, dirinya menunggu klarifikasi dari status sanksi Iran dan dia tidak akan mengambil tindakan apa pun untuk memberikan dukungan itu. ( )
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1709 seconds (0.1#10.140)