Serahkan Surat Kepercayaan pada Trump, M Lutfi Siap Perkuat Hubungan Bilateral RI-AS

loading...
Serahkan Surat Kepercayaan pada Trump, M Lutfi Siap Perkuat Hubungan Bilateral RI-AS
Duta Besar Indonesia untuk AS, Muhammad Lutfi dilaporkan telah menyerahkan Surat-surat Kepercayaan Presiden Indonesia, Joko Widodo kepada Presiden AS, Donald Trump. Foto/KBRI Washington D.C
A+ A-
WASHINGTON - Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS), Muhammad Lutfi dilaporkan telah menyerahkan Surat-surat Kepercayaan Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) kepada Presiden AS, Donald Trump. Penyerahan surat kepercayaan itu dilakukan dalam sebuah upacara yang berlangsung di Gedung Putih, tengah pekan ini.

Penyerahan surat-surat ini menandai dimulainya secara resmi tugas Lutfi sebagai Duta Besar RI untuk AS, menggantikan pejabat sebelumnya, Mahendra Siregar, yang telah ditunjuk sebagai Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia sejak Oktober 2019 lalu. (Baca juga: Indonesia Berguru pada Amerika Cara Menjaring Duit Partikelir)

Pada saat menyerahkan Surat-surat Kepercayaan tersebut, Lutfi menyampaikan salam hangat dari Jokowi dan rakyat Indonesia kepada Trump dan rakyat Amerika. Salam hangat tersebut disambut baik oleh Trump, yang mengatakan bahwa Indonesia merupakan mitra kunci bagi AS dan menyampaikan salam hangatnya kembali kepada Jokowi dan rakyat Indonesia.

Lutfi menggarisbawahi hubungan baik kedua negara yang telah berlangsung lama dan berkontribusi terhadap penguatan berbagai kerja sama bilateral dan kemitraan Indonesia-AS selama ini, khususnya di masa pandemi Covid-19.



Dia juga menyampaikan apresiasi Indonesia atas dukungan AS dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia dan komitmen AS mendukung pembangunan infrastruktur di tanah air. (Baca juga: Pernikahan Jadi 'Superspreader' Covid-19, Kota di Italia Lockdown)

"Sebagai Duta Besar Indonesia untuk AS, saya berkomitmen untuk memajukan kerja sama Indonesia-AS dalam menanggulangi pandemi Covid-19 dan mempercepat pemulihan ekonomi di masa-masa sulit ini. Saya juga siap berkolaborasi dengan mitra kerja dari berbagai kalangan di AS untuk terus memperkuat hubungan ekonomi, maritim, pertahanan dan keamanan, serta people-to-people contact," ucap Lutfi, dalam siaran pers Kedutaan Besar Indonesia di Washington yang diterima Sindonews pada Minggu (20/9/2020).

"Tujuan strategis saya adalah mendorong hubungan bilateral RI-AS ke tingkat yang lebih tinggi, utamanya mempromosikan kerja sama perdagangan dan investasi dua arah yang lebih kuat antara Indonesia dan AS dengan lebih jauh mengeksplorasi potensi yang masih sangat terbuka lebar,” imbuhnya.
(esn)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top