Didekati 19 Pesawat China, Taiwan Kerahkan Jet Tempur dan Rudal

Sabtu, 19 September 2020 - 14:07 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, tabloid yang dikelola Partai Komunis China; Global Times, mengatakan dalam editorial hari Sabtu bahwa latihan militer hari Jumat adalah latihan untuk mengambil alih Taiwan.

“AS dan Taiwan tidak boleh salah menilai situasinya, atau meyakini bahwa latihan tersebut hanyalah gertakan. Jika mereka terus melakukan provokasi, pasti akan terjadi perang," bunyi editorial tersebut.

Di tengah ketegangan antara Taipei dan Beijing, kehidupan warga Taiwan tetap berlanjut seperti biasa tanpa ada tanda-tanda panik. Pulau itu sudah lama terbiasa hidup dengan ancaman China.

Rakyat Taiwan tidak menunjukkan minat untuk diperintah oleh China yang otokratis, dan memilih kembali Presiden Tsai Ing-wen secara telak dalam pemilu tahun lalu. Presiden Tsai selama ini menunjukkan sikap yang menentang Beijing.

Manuver 19 pesawat China pagi ini terjadi ketika Taiwan mengadakan upacara peringatan untuk mantan presiden Lee Teng-hui yang dijuluki "Mr. Democracy” untuk mengakhiri pemerintahan otokratis yang mendukung pemilihan umum yang bebas dan memperjuangkan identitas Taiwan yang terpisah dari China. (Baca juga: Operasikan 2.500 Pesawat dan S-400 Rusia, AS Anggap China Ancaman Besar )

Lee, yang meninggal pada Juli, menjadi presiden Taiwan yang terpilih secara demokratis pada Maret 1996 setelah delapan bulan diintimidasi latihan perang dan uji coba rudal oleh China di perairan sekitar pulau itu.

Peristiwa itu membawa China dan Taiwan ke ambang konflik, yang mendorong Amerika Serikat untuk mengirim gugus tugas kapal induk ke daerah tersebut sebagai peringatan kepada pemerintah Beijing.

Taiwan dan China terakhir kali bertempur dalam skala besar pada tahun 1958, ketika pasukan China melakukan lebih dari sebulan pemboman di pulau Kinmen dan Matsu yang dikuasai Taiwan, termasuk pertempuran laut dan udara.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1099 seconds (0.1#10.140)