Rusia: Normalisasi dengan Israel Tak Bawa Stabilitas Tanpa Syarat Ini

loading...
Rusia: Normalisasi dengan Israel Tak Bawa Stabilitas Tanpa Syarat Ini
Presiden Rusia Vladimir Putin menyambut PM Israel Benjamin Netanyahu jelang pertemuan di Sochi, Rusia, 12 September 2019. Foto/Anadolu
A+ A-
MOSKOW - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia mengumumkan kesepakatan normalisasi yang ditandatangani Israel, Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain tidak akan membawa stabilitas di Timur Tengah tanpa penyelesaian isu Palestina.

“Rusia sebagai anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan bagian dari Kuartet internasional, selalu dan terus mendorong pentingnya mencapai penyelesaian komprehensif pada konflik di Timur Tengah,” papar Kemlu Rusia.

Pernyataan itu menegaskan kembali pentingnya menemukan solusi berkelanjutan pada isu Palestina sebagai bagian integral semua penyelesaian, termasuk Inisiatif Damai Arab dan solusi dua negara.

Moskow terus mendorong para pemain regional dan global meningkatkan upaya terkoordinasi untuk menyelesaikan isu itu. (Baca Juga: Israel dan Saudi Bahas Pembangunan Jaringan Pipa Minyak Dua Negara)



Menurut Rusia, masalah Israel-Palestina masih sangat akut, meskipun hubungan antara Israel dan sejumlah negara Arab telah dinormalisasi. (Baca Infografis: Pensiun Dini Jadi Momok, Pilot Marinir AS Digoda Bonus Melimpah)

"Mempertimbangkan kemajuan yang sedang berlangsung dalam proses normalisasi hubungan antara Israel dan sejumlah negara Arab, kami menyatakan bahwa masalah Palestina tetap akut," papar Kementerian Luar Negeri Rusia. (Lihat Video: Kebakaran Pemukiman Padat Penduduk di Makassar)
(sya)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top