Sesumbar Mandi Lumpur Tangkal Corona, Politisi India Malah Positif Covid-19

Jum'at, 18 September 2020 - 09:40 WIB
loading...
Sesumbar Mandi Lumpur Tangkal Corona, Politisi India Malah Positif Covid-19
Politisi India, Sukhbir Jaunapuria, saat mandi lumpur yang dia klaim bisa untuk menangkal infeksi virus corona baru (Covid-19). Foto/Gulf News
A A A
NEW DELHI - Seorang politisi India bernama Sukhbir Jaunapuria mem-posting video yang mamamerkan dirinya mandi lumpur dan meniup cangkang keong dengan klaim bisa menangkal virus corona . Namun, tak lama kemudian dia dinyatakan positif ternfeksi virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 .

Video itu dia posting di media sosial pada Senin (14/9/2020). Laporan media lokal pada hari yang sama mengatakan Jaunapuria adalah salah satu dari 24 Anggota Parlemen (MP) yang dinyatakan positif Covid-19. (Baca: Mengkhawatirkan, Eropa Catat 54.000 Kasus Covid-19 dalam 24 Jam )

Dalam video yang dia pamerkan, Jaunapuria terlihat sedang duduk di lapangan berlumpur dengan cangkang keong di tangannya. Anggota Partai Bharatiya Janata (BJP) India itu kemudian mengklaim bahwa meniup cangkang keong dan mandi di lumpur akan meningkatkan kapasitas paru-parunya dan berada dekat dengan alam akan menyelamatkannya dari infeksi virus corona.

“Keluar, basahi (dengan) hujan, duduk di lumpur, bekerja di pertanian, meniup (cangkang) keong dan makan 'desi'. Seseorang memperoleh kekebalan dari melakukan hal-hal ini," kata Jaunapuria dalam videonya.

Ketika berita Jaunapuria dites positif Covid-19 menyebar secara online, para pengguna media sosial mengejeknya. "Terima kasih, Anggota Parlemen BJP dari Tonk-Sawai Madhopur, Sukhbir Singh Jaunapuria karena telah membuktikan bahwa genangan lumpur, meniup cangkang keong tidak meningkatkan kekebalan terhadap virus corona," tulis pengguna akun Twitter @PremanandAlok, seperti dikutip dari Gulf News, Jumat (18/9/2020). (Baca: Lebih dari 30 Juta Orang di Dunia Terinfeksi Virus Corona )

Meskipun apa yang dikatakan Jaunapuria telah menarik perhatian publik, dia bukanlah politisi pertama yang memberikan saran yang tidak terbukti tentang cara mencegah Covid-19.

Baru-baru ini, seorang menteri dari negara bagian Madhya Pradesh, India, Imarti Devi, mengatakan dia percaya bahwa dia kebal terhadap infeksi karena dia lahir dengan kotoran sapi dan lumpur. Komentar tersebut dilaporkan dibuat selama konfrontasi dengan media pada 3 September, dan dibagikan secara luas secara online.(Baca: Oxfam: Separuh Vaksin Covid-19 Dunia Sudah Dikuasai Negara-negara Kaya )

Pada bulan Juli, Menteri Perhimpunan Arjun Ram Meghwal telah mempromosikan merek papad (kerupuk goreng tipis yang terbuat dari lentil) "Bhabiji papad" yang mengklaim bahwa papad tersebut terbuat dari bahan-bahan yang membantu membangun antibodi terhadap Covid-19. Dia kemudian dinyatakan positif mengidap penyakit tersebut.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1209 seconds (0.1#10.140)