Taiwan Ingin Jadi Pusat Perawatan F-16 Buatan AS, Tusukan Menyakitkan bagi China

Rabu, 16 September 2020 - 00:06 WIB
loading...
Taiwan Ingin Jadi Pusat Perawatan F-16 Buatan AS, Tusukan Menyakitkan bagi China
Pesawat jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat. Foto/REUTERS
A A A
TAIPEI - Sebuah pusat perawatan baru untuk jet tempur F-16 Taiwan diharapkan dapat juga melayani pesawat buatan Amerika Serikat (AS) tersebut milik banyak negara. Menurut para pakar, jika tujuan itu terwujud maka akan menjadi tusukan menyakitkan bagi China dan mengguncang diplomasi militer Asia.

China hingga saat ini masih mengklaim kedaulatan atas Taiwan, meski pulau itu sudah memiliki pemerintahan sendiri. Beijing juga terus berupaya mencegah negara ketiga untuk mendukung pemerintah Taipei, terutama dalam masalah pertahanan. Para pejabat Beijing membenci Washington karena membiarkan kontraktor pertahanan Lockheed Martin menjual F-16 ke Taiwan. (Baca: Jet-jet Tempur China Usik Taiwan Dua Hari Berturut-turut )

Pejabat di Taiwan—di mana sebagian besar orangnya mengatakan pada jajak pendapat pemerintah pada 2019 bahwa mereka akan menentang pemerintahan China—ingin memperkuat pertahanan mereka melawan angkatan bersenjata China yang lebih besar dan membangun hubungan dengan pemerintah lain.

Pusat pemeliharaan, perbaikan dan overhaul F-16 yang dijalankan kontraktor Aerospace Industrial Development Corporation Taiwan akan melayani armada F-16 domestik sambil mencari peluang bisnis dari operator pesawat lain.

Pusat yang disetujui Lockheed Martin senilai USD3,7 miliar dibuka 28 Agustus.

“Jika kita dapat bekerja sama dengan negara-negara kawasan, saya pikir itu akan menjadi langkah yang sangat penting bagi produksi asli Taiwan dan pemeliharaan pesawat-pesawat itu secara asli," kata anggota parlemen partai yang berkuasa di Taiwan, Lo Chih-cheng, seperti dikutip Voice of America, Selasa (15/9/2020). (Baca: Muak dengan China, Taiwan Ganti Desain Paspor )

"Kami berharap tidak hanya membeli senjata dari Amerika," kata Lo. “Kami juga berharap bisa memperluas kerja sama dengan negara lain, jadi semoga ada semacam spillover effect.”

Di seluruh Asia, Singapura menggunakan 62 unit pesawat F-16, Korea Selatan memiliki 180 unit dan Jepang mengoperasikan 76 unit pesawat buatan perusahaan Amerika dan Jepang berbasis teknologi F-16. Thailand memiliki 54 unit dan Indonesia memiliki 33 unit. Taiwan sendiri akan mengoperasikan 142 unit dengan 66 lainnya akan dikirim pada tahun 2026. Angkatan udara asing biasanya mengerjakan kesepakatan pemeliharaan langsung dengan kontraktor.

"Taiwan sangat dekat dengan semua negara lain yang terkait, jadi sangat mungkin untuk menerima perintah dari luar negeri," kata Shane Lee, pensiunan profesor ilmu politik dari Christian University di Taiwan, Chang Jung.

Negara-negara Asia dengan armada F-16 mengakui China secara diplomatis atas Taiwan, yang berarti Beijing melarang mereka menjalin hubungan politik atau pun pertahanan tingkat tinggi. Para analis mengatakan Angkatan Udara mereka tidak ingin China melihat mereka menerbangkan F-16 ke Taiwan untuk diservis. China terkadang memotong dukungan ekonomi ke negara-negara yang menyinggung itu. (Baca juga: Partai Komunis China Nyatakan Siap Perang dengan Negara ASEAN dan AS )

“Tujuan jangka panjang untuk mewujudkan (pusat pemeliharaan) sebagai pusat pemeliharaan F-16 regional, saya pikir yang ini masih terlalu jauh untuk saat ini, karena masalah politik,” kata Collin Koh, seorang peneliti keamanan maritim di Nanyang Technological University di Singapura.

Menurut Koh, prioritas utama untuk pusat layanan itu akan tertuju pada jet Taiwan sendiri, karena Angkatan Udara pulau itu terus sibuk memantau pesawat China yang terbang ke zona pertahanan udaranya. Kementerian pertahanan Taiwan melaporkan lonjakan tahun ini hingga saat ini di flyby Angkatan Udara China.

“Tapi bagaimanapun, menurut saya, ini adalah cara yang baik untuk memasarkan hubungan khusus ini,” ujarnya. "Anda membuktikan kemampuannya untuk dapat mempertahankan F-16 dengan baik, sehingga di masa mendatang Anda dapat menarik calon pelanggan."

Wakil Perdana Menteri Taiwan Shen Jong-chin mengatakan pada bulan Agustus seperti dikutip di situs web kontraktor pertahanan terkait bahwa pusat pemeliharaan akan meningkatkan tingkat teknologi kedirgantaraan Taiwan dan memperluas produksi dalam negeri.

Negara-negara luar, kata Koh, dapat menghindari keributan dengan China dengan mengatur pemeliharaan F-16 di Taiwan melalui saluran non-pemerintah seperti tim pensiunan insinyur.

Stephen Nagy, profesor senior politik dan studi internasional di International Christian University di Tokyo, mengatakan Jepang mungkin mengirim F-16 ke Taiwan melalui organisasi non-pemerintah, terutama jika itu bukan negara pertama yang mencoba rute itu.

"Apakah China keberatan, saya pikir itu benar-benar tergantung pada bagaimana peralatan sampai di sana," kata Nagy. “Jangan berharap penerbangan langsung ke Taiwan dalam waktu dekat, tetapi Taiwan adalah bagian dari rantai pasokan.”
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1514 seconds (0.1#10.140)