Rusia Kecam Keputusan AS Bentuk Aliansi Melawan Negara Ketiga

loading...
Rusia Kecam Keputusan AS Bentuk Aliansi Melawan Negara Ketiga
Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengkritik kebijakan Amerika Serikat (AS) yang membentuk aliansi melawan negara ketiga. Foto/REUTERS
A+ A-
MOSKOW - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengkritik kebijakan Amerika Serikat (AS) yang membentuk aliansi melawan negara ketiga, termasuk di dalamnya China. Lavrov menyebut kebijakan ini tidak biasa.

Menanggapi pertanyaan tentang upaya Washington untuk mengadu domba negara lain melawan China atau Rusia, Lavrov mengatakan bahwa kebijakan ini benar-benar asing bagi Moskow. (Baca juga: Intelijen Sebut Iran Berencana Bunuh Dubes AS untuk Afrika Selatan)

"Baik Rusia, maupun China, atau sekutu kami tidak pernah menawarkan seseorang untuk menjadi teman melawan seseorang," kata Lavrov saat melakukan wawancara dengan media setempat, seperti dilansir Xinhua pada Senin (14/9/2020).

"Kami memiliki budaya diplomatik dan politik yang sama sekali berbeda. Kami memiliki keinginan untuk mengembangkan hubungan baik dengan semua orang," sambung diplomat senior Rusia tersebut. (Baca juga: Saingi Google, Huawei Luncurkan Search Engine Sendiri)



Lavrov kemudian mengatakan bahwa Rusia tidak pernah mengajukan prasyarat untuk kerja sama agar mitranya harus sengaja memperburuk hubungan dengan beberapa negara. "Menjadi teman untuk melawan seseorang, menurut saya, sangat bertentangan dengan arti kata persahabatan," tambahnya.
(esn)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top