Batalion Tank AS Dipindahkan ke Lithuania, Belarusia Ketar Ketir

Minggu, 13 September 2020 - 11:53 WIB
loading...
Batalion Tank AS Dipindahkan ke Lithuania, Belarusia Ketar Ketir
AS memindahkan batalion tanknya ke Lithuania. Foto/Ilustrasi
A A A
MINSK - Sebuah batalion tank Amerika Serikat (AS) sedang dipindahkan ke tempat pelatihan militer Lithuania yang terletak hanya 15 kilometer (9,3 mil) dari perbatasan dengan Belarusia . Hal itu diungkapkan Menteri Pertahanan Belarusia, Viktor Khrenin.

"Pergerakan pasukan NATO terjadi di wilayah yang berdekatan dengan kami, dalam kerangka Operasi Peningkatan Kehadiran Maju dan Penyelesaian Atlantik. Secara khusus, Batalyon ke-2 Resimen Armor ke-69 sedang dikerahkan ke tempat pelatihan Pabrade (di Lithuania), 15 kilometer dari perbatasan kami," kata Khrenin saat tampil di stasiun TV Belarusia, CTV, seperti dilansir dari Sputnik, Minggu (13/9/2020).

Menteri Pertahanan Belarusia itu juga mengatakan bahwa pengerahan serupa telah dilakukan pada musim semi, tetapi menambahkan bahwa jumlah pasukan dan mesin yang terlibat telah menimbulkan kekhawatiran di Minsk.(Baca: Krisis Politik Belarusia, AS Sebar Pasukan di Perbatasan Lithuania )

"Fakta bahwa sekitar 500 orang, 29 tank, dan 43 Kendaraan Tempur Bradley akan berada di dekat perbatasan kami tidak bisa berbuat apa-apa selain membuat kami khawatir," tambah Khrenin.

"AS juga meningkatkan jumlah penerbangan pengintaian yang dilakukan militernya di sepanjang perbatasan Belarusia," menteri pertahanan menambahkan.

Pada bulan Juli, Departemen Luar Negeri AS menyetujui potensi penjualan enam helikopter Black Hawk senilai USD380 juta dan peralatan ke Lituania.(Baca: Konflik Belarusia Bisa Memicu Perang Eropa )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1848 seconds (0.1#10.140)