Trump dan Biden Peringati Serangan 11 September di Pennsylvania

Jum'at, 11 September 2020 - 20:24 WIB
loading...
Trump dan Biden Peringati Serangan 11 September di Pennsylvania
Presiden incumbent AS Donald Trump dan penantangnya Joe Biden akan memperingati serangan 11 September di Pennsylvania. Foto/CBS News
A A A
WASHINGTON - Presiden incumbent Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan penantangnya dari Partai Demokrat Joe Biden akan memperingati serangan 11 September ke-19 pada Jumat (11/9/2020) waktu setempat. Keduanya secara terpisah akan mengunjungi lapangan pedesaan Pennsylvania di mana salah satu pesawat yang dibajak jatuh.

Biden dan istrinya, Jill, pertama-tama akan menghadiri upacara pagi di Manhattan, New York, di mana para pembajak al-Qaeda menerbangkan dua pesawat ke menara kembar World Trade Center. Wakil Presiden Republik Mike Pence juga akan hadir untuk upacara tersebut.(Baca juga: Tensi Pilpres AS Meninggi, Biden Tuding Trump Berbohong Soal Covid-19 )

Sedangkan, seorang pejabat Gedung Putih mengatakan, Trump akan berbicara pada upacara pagi di Flight 93 National Memorial di Shanksville, Pennsylvania. National Park Service mengatakan acara tersebut, untuk mengenang 40 penumpang dan awak yang tewas ketika pesawat jatuh ke lapangan setelah mereka bergumul dengan para pembajak, akan ditutup untuk umum karena masalah virus Corona, seperti dikutip dari Reuters.(Baca juga: Demi Kalahkan Biden, Trump Siap Pakai Uang Sendiri Rp1,5 Triliun )

Beberapa saat kemudian, keluarga Biden akan mengunjungi situs Shanksville untuk memberikan penghormatan kepada para korban. Kedua kandidat diperkirakan tidak akan bertemu di Pennsylvania, negara bagian yang menjadi medan pertempuran krusial untuk pemilu pada 3 November mendatang.

Flight 93, menuju San Francisco dari Newark, New Jersey, tidak pernah mencapai tujuan yang dimaksudkan setelah penumpang menyerbu kokpit dan berusaha untuk mendapatkan kembali kendali pesawat. Empat pembajak diyakini berencana untuk menabrakkan pesawat itu ke Capitol AS atau Gedung Putih.

Secara keseluruhan, hampir 3.000 orang tewas dalam serangan 11 September 2001, termasuk pesawat keempat yang dibajak untuk menabrak Pentagon di luar Washington.

Upacara untuk memperingati serangan itu adalah perhentian reguler bagi calon presiden dan pejabat AS. Trump mengunjungi Shanksville untuk peringatan 11/9 tahun 2018, dan telah menghadiri upacara peringatan di Pentagon.

Sedangkan Biden pergi ke tugu peringatan di Shanksville selama tahun-tahunnya sebagai wakil presiden di bawah Barack Obama.

Selama kampanye presiden 2016, Trump dan kandidat presiden dari Partai Demokrat Hillary Clinton sama-sama mengunjungi tugu peringatan Ground Zero di New York pada peringatan 11/9.

Tim kampanye Biden mengatakan pihaknya menarik iklan televisinya pada hari Jumat untuk memperingati serangan tersebut.

Lembaga nirlaba 9/11 telah meminta kedua tim kampanye untuk menarik iklannya. Tim kampanye Trump tidak menanggapi permintaan komentar tentang apakah hal itu akan dilakukan.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1826 seconds (0.1#10.140)