Surati Jokowi, WHO Tunjukkan Cara Penanganan Virus Corona

Jum'at, 13 Maret 2020 - 21:46 WIB
Surati Jokowi, WHO Tunjukkan Cara Penanganan Virus Corona
Surati Jokowi, WHO Tunjukkan Cara Penanganan Virus Corona
A A A
JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memuji upaya pemerintah Indonesia dalam mengatasi wabah virus corona (Covid-19). WHO juga tunjukkan cara mengatasi wabah itu.

Apresiasi itu diungkapkan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam suratnya pada Presiden RI Joko Widodo.

"Saya merasa terhormat untuk menulis pada anda untuk mengungkapkan apresiasi saya pada upaya yang diambil pemerintah Indonesia dalam mengatasi situasi Covid-19 di Indonesia," papar Tedros.

Tedros menjelaskan bahwa WHO tak pernah lelah bekerja sama dengan negara-negara anggota dan para pakar untuk menganalisa dan menyebarkan pengetahuan penting tentang respon Covid-19.

"Untuk mengalahkan virus itu, setiap negara harus mengambil langkah cepat untuk memperlambat penyebaran dan mencegah penyebarannya," ungkap Tedros.

Menurut dia, WHO terus mendorong setiap negara untuk fokus pada deteksi kasus dan kapasitas tes laboratorium, terutama di negara-negara dengan populasi besar dan sistem kesehatan beragam di penjuru negeri.

Dalam surat itu WHO merekomendasikan beberapa langkah antara lain meningkatkan mekanisme respons darurat, termasuk deklarasi darurat nasional. "Mendidik dan mengaktifkan komunikasi dengan publik melalui komunikasi dan komunitas," papar Tedros.

Selain itu WHO mendorong pelacakan kontak, pemantauan, karantina kontak, dan isolasi. "Memperluas pemeriksaan menggunakan sistem pemantau penyakit pernapasan dan pemantauan berbasis rumah sakit," ungkap Tedros dalam surat itu.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3441 seconds (0.1#10.140)