Anwar: Mahathir Tak Akan Beraliansi dengan Barisan Nasional

Senin, 24 Februari 2020 - 17:01 WIB
Anwar: Mahathir Tak Akan Beraliansi dengan Barisan Nasional
Anwar: Mahathir Tak Akan Beraliansi dengan Barisan Nasional
A A A
KUALA LUMPUR - Politisi Malaysia Anwar Ibrahim menyatakan Mahathir Mohamad yang mundur dari jabatan perdana menteri (PM) tak memiliki rencana beraliansi dengan siapa pun dari Barisan Nasional, koalisi berkuasa sebelumnya yang dia kalahkan untuk mencoba membentuk pemerintahan baru.

Mahathir, 94, membuat langkah mengejutkan dengan mengirim surat pengunduran diri pada raja Malaysia pada Senin (24/2) setelah perundingan akhir pekan antara beberapa anggota koalisi berkuasa dan kelompok oposisi untuk membentuk pemerintahan baru yang akan mengecualikan Anwar.

"Itu dalam partai saya dan pihak luar yang menggunakan namanya," kata Anwar setelah bertemu raja, saat ditanya apakah Mahathir bertanggung jawab atas krisis politik saat ini.

"Dan dia mengulangi kembali apa yagn dia katakan pada saya sebelumnya, dia tidak terlibat di dalamnya. Dia menyatakan dengan sangat jelas, bahwa tak ada jalan dia akan bekerja sama dengan mereka yang terkait dengan rezim sebelumnya," tutur Anwar.

Pernyataan Anwar itu memicu lebih banyak spekulasi tentang nasib pemerintahan Malaysia selanjutnya.

Langkah Mahathir mengirim surat pengunduran diri pada raja itu membuat pemerintahan limbung di tengah perundingan pembentukan koalisi pemerintahan baru.

Nasib koalisi berkuasa Malaysia telah diragukan setelah perundingan akhir pekan yang disebut akan menyingkirkan Anwar sebagai sosok yang seharusnya menggantikan Mahathir.

Mahathir dan Anwar telah bekerja sama memenangkan pemilu 2018 dan mengalahkan koalisi yang dipimpin Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO).

Perselisihan antara Mahathir dan Anwar telah membentuk politik Malaysia selama beberapa dekade dan ketegangan itu tampaknya masih ada.

"Surat telah dikirim ke Yang Mulia Raja pada pukul 1 siang," papar pernyataan kantor Mahathir.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5140 seconds (0.1#10.140)