Presiden Xi Jinping: Wabah Corona Kedaaan Darurat Terbesar di China

Senin, 24 Februari 2020 - 08:03 WIB
Presiden Xi Jinping: Wabah Corona Kedaaan Darurat Terbesar di China
Presiden Xi Jinping: Wabah Corona Kedaaan Darurat Terbesar di China
A A A
BEIJING - Presiden China Xi Jinping mengatakan wabah atau epidemi virus Corona baru, Covid-19 , adalah keadaan darurat kesehatan publik terbesar di negara komunis tersebut. Pernyataan Xi disampaikan pada hari Minggu ketika korban meninggal akibat wabah itu sudah mencapai lebih dari 2.400 orang.

"Epidemi ini adalah darurat kesehatan masyarakat terbesar sejak berdirinya Republik Rakyat ( China ) pada 1949," katanya.

"Ini adalah krisis bagi kami dan ini adalah ujian besar," ujarnya dalam pidato sambutan yang disiarkan stasiun televisi pemerintah, yang dilansir Channel News Asia, Senin (24/2/2020).

Dalam pengakuan yang langka, pada pertemuan untuk mengoordinasikan perang melawan virus, Xi menambahkan bahwa China harus belajar dari kekurangan nyata yang terlihat selama respons terhadap wabah Covid-19. (Baca: Wabah Corona Covid-19 Sudah Bunuh 2.470 Orang, Ini Data Lengkapnya )

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memuji Beijing atas respons-nya terhadap epidemi ini. Namun, pemerintah China dikritik publik di dalam negeri karena membungkam peringatan dini dari seorang dokter whistleblower, Li Wenliang, yang kemudian meninggal karena virus tersebut.

Covid-19 pertama kali terdeteksi muncul di Wuhan, Provinsi Hubei, China , pada akhir Desember 2019. Virus tersebut kini sudah menyebar ke 33 negara.

Korban meninggal secara global akibat wabah penyakit ini sudah mencapai 2.470 orang hingga pagi ini (24/2/2020). Dari jumlah itu, kematian terbesar terjadi di China yang mencapai 2.444 orang. Di urutan kedua adalah Iran dengan 8 kematian, disusul Korea Selatan sebanyak 4 orang. Sisanya kematian di kapal Diamond Princees 3 orang, Italia 3 Orang,Jepang 1 Orang, Hong Kong 2 Orang, kemudian Taiwan, Prancis dan Filipina yang masing-masing 1 orang.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4312 seconds (0.1#10.140)