Rusia Bantah Sebar Berita Palsu Soal Virus Corona

Minggu, 23 Februari 2020 - 15:54 WIB
Rusia Bantah Sebar Berita Palsu Soal Virus Corona
Rusia Bantah Sebar Berita Palsu Soal Virus Corona
A A A
MOSKOW - Rusia membantah tudingan mereka melakukan kampanye di media sosial untuk menyebarkan informasi yang salah tentang virus Corona baru, Covid-19. Moskow menyebut hal ini benar-benar salah.

"Ini adalah berita yang benar-benar salah," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir BBC pada Minggu (23/2/2020).

Seperti diketahui, Amerika Serikat (AS) mengatakan kampanye disinformasi, yang diduga dilakukan Moskow, mempromosikan teori konspirasi yang tidak berdasar bahwa AS berada di belakang wabah Covid-19, dalam upaya nyata untuk merusak citra Amerika di seluruh dunia.

Philip Reeker, Wakil Menteri Luar Negeri AS untuk Eropa dan Eurasia menuturkan, persona palsu digunakan di Twitter, Facebook, dan Instagram untuk memajukan poin pembicaraan Rusia dalam berbagai bahasa, terkait dengan Covid-19.

"Niat Rusia adalah menabur perselisihan dan melemahkan institusi dan aliansi AS dari dalam, termasuk melalui kampanye pengaruh yang merusak dan paksaan. Dengan menyebarkan disinformasi tentang coronavirus, aktor jahat Rusia sekali lagi memilih untuk mengancam keselamatan publik dengan mengalihkan perhatian dari respon kesehatan global," ucap Reeker.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5404 seconds (0.1#10.140)