Pompeo Tegaskan pada China dan Rusia: Barat Menang

Sabtu, 15 Februari 2020 - 18:01 WIB
Pompeo Tegaskan pada China dan Rusia: Barat Menang
Pompeo Tegaskan pada China dan Rusia: Barat Menang
A A A
MUNICH - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo membela peran global AS dan meluncurkan serangan pada China dan Rusia. Dia berjanji bahwa nilai-nilai dan cita-cita Barat akan unggul.

"Saya senang melaporkan bahwa kematian aliansi transatlantik terlalu dibesar-besarkan. Barat menang, dan kita menang bersama," ungkap Pompeo saat pidato di Konferensi Keamanan Munich.

Pompeo mengkritik Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier yang secara tak langsung menyindir Presiden AS Donald Trump dengan mengatakan pemerintahan AS menolak ide komunitas internasional.

Steinmeier menuduh AS, Rusia dan China mendorong ketidakpercayaan dan ketidakamanan global.

Menyebut pencaplokan Crimea oleh Rusia pada 2014, ancaman siber di Iran dan tekanan ekonomi oleh China, Pompeo menyatakan negara-negara itu masih "menginginkan kerajaan" dan mengacaukan sistem internasional berdasarkan aturan.

"Barat menang. Tapi sekarang, lebih dari 30 tahun sejak runtuhnya tembok (Berlin), negara-negara yang tidak menghormati kedaulatan itu masih mengancam kita," kata Pompeo.

Di tengah kekhawatiran AS pada perusahaan telekomunikasi China, Huawei, Pompeo menyatakan semua tiga negara itu menggunakan dunia maya untuk mendapat pengaruh.

"Huawei dan perusahaan-perusahaan teknologi yang didukung negara China adalah kuda-kuda Troya untuk intelijen China. Kampanye disinformasi Rusia berupaya membuat warga kita saling bertikai. Serangan siber Iran menjadi wabah di jaringan komputer Timur Tengah," ujar Pompeo.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3258 seconds (0.1#10.140)