China Diserukan Usir atau Tabrak Kapal Perang India jika Masuk Laut China Selatan

Rabu, 02 September 2020 - 07:34 WIB
loading...
A A A
“China pertama-tama harus menyatakan penentangan yang tegas terhadap kehadiran Angkatan Laut India di Laut China Selatan," paparnya.“Baik AS dan India adalah kekuatan ekstrateritorial."

"Setiap aktivitas militer mereka di Laut China Selatan akan membahayakan keamanan dan stabilitas regional," imbuh Li.

Setiap konflik antara India dan China, dua negara terpadat di dunia, akan berpotensi menyebar dan menarik kekuatan dunia lainnya.

India sempat mengerahkan kapal perangnya ke Laut China Selatan setelah bentrokan di perbatasan lembah Sungai Galwan yang mematikan Juni lalu. Kapal perang itu dilaporkan digunakan New Delhi untuk memantau penyebaran Angkatan Laut China di sekitar Kepulauan Andaman dan Nicobar.

(Baca juga: Pemerintah Jokowi Diminta Terus Perjuangan Kepentingan RI di Laut China Selatan )

Berbicara kepada Asian News International (ANI), seorang sumber pemerintah India mengatakan langkah itu berhasil meningkatkan tekanan diplomatik di Beijing. "Segera setelah bentrokan Galwan pecah di mana 20 tentara kami tewas, Angkatan Laut India mengerahkan salah satu kapal perang garis depan ke Laut China Selatan di mana Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat keberatan dengan kehadiran kekuatan lain yang mengklaim mayoritas perairan sebagai bagian dari wilayahnya," kata sumber tersebut.

"Pengerahan segera kapal perang Angkatan Laut India di Laut China Selatan memiliki efek yang diinginkan pada Angkatan Laut China dan pembentukan keamanan karena mereka mengeluh kepada pihak India tentang kehadiran kapal perang India di sana selama pembicaraan tingkat diplomatik dengan pihak India," paparnya.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0982 seconds (0.1#10.140)