Abaikan Keberatan Pejabat Lokal, Trump Akan Kunjungi Kenosha

Selasa, 01 September 2020 - 19:06 WIB
loading...
Abaikan Keberatan Pejabat Lokal, Trump Akan Kunjungi Kenosha
Presiden AS Donald Trump akan mengunjungi Kenosha yang dilanda kerusuhan rasial. Foto/CNN
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dijadwalkan mengunjungi Kenosha, Wisconsin, pada Selasa (1/9/2020) waktu setempat. Trump mengabaikan keinginan para pejabat yang memintanya menjauh dari kota, yang masih dilanda huru hara akibat penembakan terhadap pria Afro-Amerika tidak bersenjata oleh polisi dan memicu demonstrasi yang berubah mematikan.

Meski mengunjungi Kenosha, Trump diperkirakan tidak akan bertemu dengan keluarga Jacob Blake, pria yang ditembak di punggung tujuh kali oleh petugas polisi. Trump mengklaim bahwa dia tidak bertemu dengan keluarga Blake selama kunjungannya di Wisconsin karena mereka ingin melibatkan pengacara.(Baca: Polisi AS Tembak Pria Kulit Hitam 7 Kali, Kerusuhan Pecah di Kenosha )

Menurut jadwal publik Trump, yang disitir dari CNN, Presiden diharapkan memulai perjalanannya pada Selasa sore dengan kunjungan ke properti yang terkena dampak kerusuhan baru-baru ini. Dia kemudian dijadwalkan untuk mengunjungi sekolah menengah setempat dan pusat operasi darurat kota. Sebelum meninggalkan Kenosha, dia akan berpartisipasi dalam pertemuan yang berfokus pada keamanan komunitas.

Kunjungan Trump ke negara bagian itu adalah upaya lain untuk melanjutkan kampanyenya yang menghubungkan kota-kota dan negara bagian yang dikelola Demokrat dengan kekerasan menjelang pemilu November mendatang dalam upaya untuk menggambarkan dirinya sebagai calon yang taat hukum.

Senator Partai Republik dari Wisconsin Ron Johnson mentweet bahwa dia akan menyambut Trump di negara bagian asalnya. Tetapi pejabat lain di negara bagian itu telah memperingatkan agar perjalanan itu tidak dilakukan.

Gubernur Wisconsin dari Partai Demokrat Tony Evers meminta Trump untuk tidak mengunjungi Kenosha karena kota itu tengah bekerja untuk pulih dan mencegah pengalihan sumber daya lokal untuk kunjungan presiden.(Baca: Buntut Kerusuhan di Kenosha, Wisconsin Nyatakan Keadaan Darurat )

Walikota Kenosha John Antaramian, seorang politisi Demokrat, mengatakan kepada CNN bahwa dia kecewa karena Presiden akan datang.

"Komunitas kami telah melalui banyak hal dan tidak ada waktu sekarang untuk memainkan politik. Kami lebih suka Presiden menunggu setidaknya satu minggu atau lebih sebelum datang berkunjung," kata Antaramian.

"Presiden selalu diterima. Tapi kali ini, waktunya salah," imbuhnya seperti dikutip dari kantor berita yang berbasis di AS itu.

Walikota menawarkan sedikit informasi tentang rincian kunjungan yang akan datang, tetapi mengatakan dia tidak berharap menjadi bagian dari diskusi dengan Trump.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)