Kapal Perang AS Berlayar Lintasi Selat Taiwan

Jum'at, 17 Januari 2020 - 13:39 WIB
Kapal Perang AS Berlayar Lintasi Selat Taiwan
Kapal Perang AS Berlayar Lintasi Selat Taiwan
A A A
TAIPEI - Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan Sebuah kapal perang Amerika Serikat (AS) telah berlayar melalui Selat Taiwan. Ini adalah pelayaran pertama sejak Taiwan menggelar pemilu yang dimenangkan kembali oleh Tsai Ing-wen, presiden pro dengan kemerdekaan pulau itu dari China.

"Kapal perang itu berada pada misi rutin", kata Kementerian Pertahanan Taiwan, saat kapal melintasi perairan yang memisahkan pulau indenpenden itu dari daratan China yang otoriter seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (17/1/2020).

Selat Taiwan penuh dengan perangkat militer di kedua sisinya dan China memandang perlayaran seperti itu sebagai pelanggaran kedaulatannya.

AS dan banyak negara lain mengatakan Selat Taiwan adalah perairan internasional. Washington secara rutin melakukan apa yang disebutnya sebagai operasi "Kebebasan Navigasi" untuk menekankan hal tersebut.

Perlayaran itu dilakukan setelah Tsai Ing-wen memenangkan masa jabatan kedua dalam pemilu akhir pekan lalu dengan suara mayoritas yang meningkat.

Hasil ini dipandang sebagai teguran keras terhadap kampanye Beijing yang sedang berlangsung untuk mengisolasi pulau itu.

Kepemimpinan China tidak merahasiakan keinginannya untuk melihat Tsai bergolak karena dia dan partainya menolak untuk mengakui pandangan bahwa Taiwan adalah bagian dari "satu China".

Beijing menganggap pulau itu sebagai wilayahnya dan bersumpah akan merebutnya pada suatu hari, dengan paksa jika perlu, terutama jika menyatakan kemerdekaan.

China menyambut terpilihnya kembali Tsai Ing-wen dengan kemarahan. Beijing mengelurakan peringatan terhadap setiap langkah untuk mendorong pulau itu lebih dekat menuju kemerdekaan formal.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5390 seconds (0.1#10.140)