Perundingan Nuklir Korut-AS Buntu, Kim Jong-un Perintahkan Langkah Ofensif

Senin, 30 Desember 2019 - 15:35 WIB
Perundingan Nuklir Korut-AS Buntu, Kim Jong-un Perintahkan Langkah Ofensif
Perundingan Nuklir Korut-AS Buntu, Kim Jong-un Perintahkan Langkah Ofensif
A A A
PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un telah memerintahkan Pyongyang mengambil tindakan "positif dan ofensif" untuk meningkatkan keamanan negara komunis tersebut. Perintah diktator muda ini keluar ketika perundingan denuklirisasi dengan Amerika Serikat (AS) buntu.

Kim mengatakan dalam pertemuan para pejabat senior Partai Buruh bahwa tindakan harus diambil untuk memperkuat hubungan luar negeri, serta untuk industri senjata dan militer Korea Utara.

"Kebijakan ini akan berfungsi sebagai langkah-langkah positif dan ofensif untuk sepenuhnya menjamin kedaulatan dan keamanan negara," tulis media pemerintah Korut, KCNA, Senin (30/12/2019) mengutip pernyataan Kim.

Negosiasi Pyongyang dengan Washington mengenai program nuklir Korea Utara terhenti dalam beberapa bulan terakhir, di mana Pyongyang menetapkan batas waktu akhir tahun bagi Washington untuk menawarkan konsesi terhadap masalah ini.

Amerika Serikat telah berjanji akan melonggarkan sanksi jika rezim Kim Jong-un melakukan denuklirisasi secara penuh. Namun, proposal seperti itu telah ditolak keras oleh Pyongyang.

Pyongyang telah memperingatkan itu bisa mengambil "jalan baru" jika negosiasi denuklirisasi gagal. Sementara itu, Gedung Putih juga mengancam akan menggunakan kekuatan militer dan ekonomi jika rezim Kim Jong-un nekat menguji coba rudal jarak jauh maupun bom nuklir.

Korea Utara telah melakukan serangkaian uji coba rudal jarak pendek dalam beberapa pekan terakhir. Sebelum liburan Natal, Kim Jong-un mengeluarkan ancaman samar terhadap AS, yakni akan memberikan "hadiah Natal" tak mengenakkan bagi Washington jika tak menawarkan konsesi sampai batas waktu akhir tahun ini yang sebentar lagi habis.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5195 seconds (0.1#10.140)